Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Empati, Naturalisasi, dan Nasionalisme ala Shin Tae-yong

19 Januari 2022   16:25 Diperbarui: 19 Januari 2022   21:08 491 48 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Garuda. Sumber: twitter.com/PSSI

Kontrak Hingga Desember 2023

Sin Tae-yong, sosok pelatih sepakbola yang mendapat julukan "Mourinho Asia" akhirnya melatih Timnas Garuda. Mengesampingkan tawaran lebih menggiurkan dari salah satu klub sepakbola di Cina.

Durasi kontrak cukup panjang (29 Desember 2019 hingga akhir Desember 2023) memberikan kesempatan memoles Timnas Garuda untuk mampu lebih banyak bertaji di kompetisi level regional dan dunia.

Apalagi di tahun 2023, Indonesia didaulat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Tentu menjadi momentum kebangkitan sepakbola nasional.

Kesempatan emas menunjukkan kekuatan Timnas Garuda sebagai tim yang patut diperhitungkan dan bukan sekedar tim medioker.

Empati dan Naturalisasi ala Shin Tae-yong

Segudang pengalaman Shin Tae-yong melatih Timnas Korea Selatan U-23 ke Olimpiade 2016, Timnas U-20 Korea Selatan ke Piala Dunia 2017, dan Piala Dunia 2018 Rusia menjadi jaminan untuk ditularkan ke Timnas Garuda.

Secara materi, nilai kontrak dari PSSI tiga kali lipat lebih kecil dari nilai kontrak yang ditawarkan salah satu klub sepakbola Cina.

Tetapi, Shin Tae-yong melihat potensi sepakbola Indonesia di level timnas mampu dipoles sedemikian rupa. Mewujudkan impian bersama pecinta sepakbola nasional agar Timnas Garuda disegani dan berprestasi bukan sekedar di level Asia Tenggara.

Atas dasar kemungkinan di atas, Shin Tae-yong menerima pinangan PSSI untuk melatih Timnas Garuda. Inilah wujud sejati empati Shin Tae-yong bagi bangsa Indonesia yang memang gila sepakbola.

Di mata Shin Tae-yong, impian itu ada tetapi harus dengan beberapa syarat yang (sepertinya) tidak bisa ditawar dan dipolitisasi.

Syarat pertama tentu berkaitan dengan jaminan proses perekrutan pemain yang terjun di liga domestik maupun klub luar negeri. Merupakan hak penuh Shin Tae-yong merekrut sebagian besar pemain muda yang tidak bisa diintervensi pihak manapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan