Mohon tunggu...
A.R.Saleh
A.R.Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Mega-Prabowo vs JK-Anies, Akankah Bertarung di Pilpres 2024?

10 Februari 2021   14:27 Diperbarui: 11 Februari 2021   22:14 1003 61 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mega-Prabowo vs JK-Anies, Akankah Bertarung di Pilpres 2024?
Gambar dari Kompas.com. Diolah lebih lanjut oleh penulis

“Tidak ada kawan dan lawan abadi di arena politik, yang ada hanya kepentingan abadi”. Adagium ini serasa tepat dalam kontestasi politik di manapun.

Terjun ke dunia politik, jelas ada target puncak yang ingin dicapai. Bagi tokoh politik nasional, menduduki kursi presiden adalah capaian politik yang prestisius.

Pemilihan Presiden (Pilpres) secara langsung, membuka deras kran demokrasi. Sejak pemerintahan Presiden B.J. Habibie, rakyat Indonesia kembali merasakan direct democracy (Demokrasi langsung).

Dalam demokrasi langsung, rakyat mempunyai pelibatan luas. Menentukan secara dominan posisi politisi dalam lembaga pemerintahan dan negara.

Alhasil, saling sikut berebut kursi eksekutif dan legislatif, mendapatkan panggung tersendiri di mata masyarakat. Bahkan masyarakat internasional ikut andil “bermain” baik langsung maupun tidak langsung.

Pilpres 2024, Panggung Tokoh Politik Gaek?

Mantan Presiden SBY dan Presiden Jokowi representasi pilihan rakyat. Legitimasi masyarakat yang kuat mengantarkan kedua tokoh ini hingga dua periode pemerintahan.

Sesuai aturan main, peluang SBY dan Jokowi untuk maju lagi di Pilpres jelas tertutup. Memberi peluang kepada tokoh lainnya untuk bersaing dan bertempur memperebutkn kursi presiden.

Diprediksi, sejumlah nama mulai mengemuka untuk dapat menggantikan kedudukan Presiden Jokowi. Menariknya, tokoh-tokoh gaek sepertinya masih ingin bertarung lagi. Mengadu nasib yang memang memungkinkan untuk menduduki kursi presiden.

Dalam politik segala kemungkinan bisa terjadi. Kemenangan Joe Biden-Kamala Harris, melambungkan asa politisi gaek unjuk kekuatan. Belum lagi peran politisi gaek Mahathir Muhammad, mampu menjadi cermin bingkai harapan bangsa di negeri jiran.

Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Jusuf Kalla, dan Anies Baswedan, patut diperhitungkan. Seandainya keempat tokoh ini terjun ke "Palagan Pilpres 2024", yakin tokoh lainnya yang mentereng di lembaga survei akan minggir dengan sendirinya.

Jika dipasangkan dan dihadapkan, akan saling adu kekuatan antara Megawati-Prabowo lawan Jusuf Kalla-Anies Baswedan. Apakah salah? Tidak sama sekali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN