Mohon tunggu...
Arra Yusuf
Arra Yusuf Mohon Tunggu... Freelancer - Arra Itsna Yusuf suka jalan-jalan dan nulis suka-suka

Setidaknya, dengan menulis, "Aku menghadirkan diri, meski kau anggap aku mati" (Arra Yusuf)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mendamba Haji di Usia Muda

10 Oktober 2020   11:30 Diperbarui: 10 Oktober 2020   11:30 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Naik haji, barangkali bukan prioritas bagi anak-anak muda. Namun, menunaikan rukun Islam kelima tersebut tetap saja menjadi impian terbesar bagi seluruh umat Islam, bukan?


Bagi generasi milenial sendiri, bisa saja naik haji memang menjadi impian nomor sekian-sekian dibandingkan impian jalan-jalan ke tempat lainnya. Alasan lain, biasanya karena sulit mempersiapkan diri secara finansial.


Awalnya, saya juga berpikir, "Untuk apa, sih, masih muda kok naik haji? Mau menyombongkan gelar atau apa?"


Pikiran itu seiring waktu berubah menjadi, "mending nabung buat jalan-jalan ke tempat lain saja daripada haji atau umroh!"


 Waktu berjalan lagi, pikiran saya berubah lagi, "nanti saja kalau sudah mantap berhijrah baru nabung buat berhaji."


Begitu terus sampai akhirnya usia kian bertambah, tidak ada yang terealisasi satu pun karena pikiran berubah-ubah dan niat yang tak sungguh-sungguh.


Jika Tidak Diniatkan Sekarang, Kapan lagi?


20201007-120509-0000-5f8136438ede486a1851d942.png
20201007-120509-0000-5f8136438ede486a1851d942.png
Beberapa bulan lalu, tiba-tiba orangtua saya minta diurus pemberkasan pendaftaran haji. Saya  terkejut, karena ternyata kedua orangtua saya selama ini sudah mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk bekal mendaftar haji.


Karena orangtua tidak begitu paham bagaimana proses pemberkasan dan cara mendaftar haji, sementara dana awal sudah siap, jadi mau tidak mau, saya  harus mencari tahu, mengurus semua pemberkasan dan mengantar kedua orangtua ke Kemenag setempat. Alhamdulillah, proses pendaftaran dan pembuatan tabungan haji lancar jaya tanpa hambatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun