Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi... Email : arnoldadoe@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kotak Suara Pilihan

Kalah Telak dari Prabowo, Jokowi Jadi Cover Majalah di Arab Saudi

20 Mei 2019   19:20 Diperbarui: 20 Mei 2019   19:38 0 8 1 Mohon Tunggu...
Kalah Telak dari Prabowo, Jokowi Jadi Cover Majalah di Arab Saudi
Jokowi, Cover Utama Majalah Arab I Gambar : Tribun

Dari rekapitulasi KPU, Jokowi kalah telak dari Prabowo di Arab Saudi. Total Prabowo-Sandi mengantongi 14.604 suara di Arab Saudi, sementara Jokowi-Ma'ruf hanya mendapat 7.397 suara bagi pemilih asal Indonesia.

Akan tetapi ketokohan Jokowi lebih populer dan mencuri hati rakyat Arab Saudi sendiri. Jokowi menjadi cover utama, majalah prestisius di Arab, Ar-Rajul.

Tampil sebagai cover majalah mungkin terkesan hal yang biasa bagi beberapa pihak, namun jika majalah itu adalah majalah yang tergolong prestisius atau simbol dari cara pandang dan cara berpikir dimana majalah  tersebut diterbitkan, maka ada makna penting yang ingin disampaikan.

Hebanya, Presiden Jokowi sudah beberapa kali menjadi cover beberapa majalah yang dapat dianggap prestius.

Pada tahun 2014, di saat sedang mempersiapkan diri menjadi calon Presiden, wajah Jokowi diabadikan menjadi cover majalah Globe edisi Januari 2014. Majalah terbitan Globe Media Group ini menyematkan gelar "Man of the Year" pada Gubernur DKI Jakarta 2012-2014 itu.

Globe memilih  Jokowi karena dianggap sebagai seorang pemimpin yang mendefinisikan ulang arti kepemimpinan. Gaya sederhana dan membumi Jokowi disebut oleh majalah berbahasa Inggris ini sebagai kunci keberhasilan kepemimpinannya.  Tanpa basa-basi Globe menuliskan sebuah kalimat pasti, "The next stage The Presidency,".

Dua bulan kemudian, Maret 2014, Jokowi tampil di halaman muka majalah Fortune edisi Maret 2014.  Luar biasanya,  Jokowi disebut sebagai 50 pemimpin terbaik di dunia, bersanding dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton.  

Paling bombastis adalah ketika Jokowi mengisi halaman muka di majalah TIME edisi 27 Oktober 2014, sesaat sesudah dilantik menjadi Presiden Indonesia periode 2014-2019.  Dalam narasinya, TIME  menyebut Jokowi sebagai harapan baru. "A New Hope"," sembari memberi potret dramatis close-up wajah Jokowi yang mengenakan batik cokelat.

Rakyat Indonesia tentu amat bangga. Majalah TIME adalah  salah satu media paling berpengaruh dan prestisius di dunia. Mereka yang berada di sampul  majalah asal Amerika Serikat (AS) yang terbit pertama kali pada tahun 1923 ini dianggap sebagai isu atau tokoh paling penting sejagat.

Paling akhir, Majalah Ar-Rajul yang berarti "Sang Tokoh"  mengabadikan Jokowi sebagai pengisi halaman depan dalam minggu ini. Dengan mengenakan jas hitam lengkap dengan dasi merah, Presiden RI ini tampil gagah di majalah yang  terbit di Arab Saudi itu.

Ar-Rajul adalah salah satu media yang dimiliki oleh Saudi Research and Marketing Group (SRMG), perusahaan patungan yang berbasis di Riyadh, selain itu Ar- Rajul adalah majalah gaya hidup internasional yang menargetkan kaum elite masyarakat Arab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x