Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Tukang Kayu

Menulis Untuk Berbagi...

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

The Flying Spaniard Itu Membuat Wembley Terdiam

14 Januari 2019   14:21 Diperbarui: 14 Januari 2019   14:31 0 1 1 Mohon Tunggu...
The Flying Spaniard Itu Membuat Wembley Terdiam
David De Gea menuai pujian sesudah kemenangan MU atas Spurs di Wembley I Gambar : NST

Sesudah 90 menit, ribuan pendukung  Spurs di Wembley hanya bisa terdiam.  Pendukung Lilywhites hampir tak percaya bahwa Hary Kane cs  tidak mampu mencetak sebiji gol ke gawang Manchester United (MU). Aktor utamanya adalah kiper MU, David De Gea.

Sebelas peluang bersih yang didapatkan Harry Kane cs di depan gawang MU berhasil digagalkan pria Spanyol yang berjuluk Flying Spaniard itu. Pujian pun mengalir kepadanya.  "Fantastis, ketika Anda bikin 11 penyelamatan, itu adalah performa terbaik. Satu atau dua adalah penyelamatan yang sangat bagus," kata pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer.

Bukan hanya Solskjaer, pencetak gol tunggal kemenangan MU, Marcus Rashford juga tidak ketinggalan memuji De Gea. "Penyelamatan (De Gea) di pojok gawang adalah yang terbaik! Kami memainkan sistem yang berbeda melawan tim seperti ini," kata Rashford seusai pertandingan.

Rashford sendiri punya julukan tersendiri untuk De Gea. Melihat kepiawaian De Gea dalam mengamankan bola di bawah mistar gawang, David de Gea pun diberi julukan 'Sticky Gloves' oleh Rashford. "Panggil dia si sarung tangan lengket, Sticky Gloves" ucap Rashford suatu waktu.

Untuk kehebatannya, De Gea memang memiliki berbagai julukan, Mantan pemain Liverpool, Jamie Redknapp juga tak mau kalah memberi nama panggilan buat De Gea. The Matrix. Begitu kata Redknapp sebagai sebutan untuk De Gea, pada akhir 2017.

"Saya harus akui saya salah menilai De Gea ketika dia datang ke Premier League. Dia mampu menepis semua kritik yang ada. Saya sekarang tak bisa memikirkan penjaga gawang yang lebih baik dari De Gea," tutur Redknapp

"Dia seperti karakter di film The Matrix, dia seolah melihat bola dalam gerakan lambat sebelum melakukan penyelamatan!" tambah Redknapp.

Soal The Flying Spaniard, kabarnya rekannya di MU, Jese Lingard yang menamakan De Gea seperti itu. “Saya memanggil dia David yang menyenangkan. Dia seperti sebuah pesawat, selalu terbang ke udara untuk menangkap sesuatu,” ujar Jesse Lingard. Sesuai komentar terakhir, sang kiper pun punya julukan, “The Flying Spaniard”.

Bukan hanya kawan, lawan pun tak segan memuji De Gea. Pada September 2018, De Gea tampil heroik saat MU mengalahkan Watford. Kiper Watford, Ben Forster, lantas memuji penampilan kiper Timnas Spanyol tersebut, bahkan menyebut De Gea sebagai (Lionel) Messi versi penjaga gawang.

"Dia benar-benar brilian sekarang. Beberapa penyelamatan yang dibuat pada saat-saat kritis saat mengagumkan," ujar Foster saat itu.

Eulogi-Eulogi ini lantas mengingatkan kita akan cerita mengenai bagaimana bisa pria yang bernama lengkap David De Gea Quintana tersebut bisa berlabuh di Manchester United.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN