Mohon tunggu...
Arnold Adoe
Arnold Adoe Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kayu Setengah Hati

Menikmati Bola, Politik dan Sesekali Wisata

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Memaknai Selebrasi Gol dari Paul Pogba

1 Januari 2019   18:49 Diperbarui: 1 Januari 2019   20:17 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi gol Pogba yang atraktif I Gambar : Mirror

Di tengah penampilannya yang semakin gemilang, gelandang Manchester United, Paul Pogba mendapat kecaman. Tentu saja bukan karena penampilan apiknya, tetapi karena gaya selebrasi yang dilakukannya setelah mencetak gol. Adalah mantan gelandang Chelsea dan pemain timnas Prancis, Claude Makalele yang mengecamnya.

"Pogba, dia seperti ini, dia tidak bisa mengubah kebiasaannya itu. Kami menerima ini, itu adalah Pogba. Bagi saya, itu berarti Anda tidak menghormati lawan," ujar Makelele yang kini berusia 45 tahun itu.

Makalele berharap agar Pogba dapat mengubah cara selebrasinya sehingga terlihat masih menghormati lawan. "Itu membuat frustrasi. Saya hadapi Pogba. Jika saya adalah pemain, saya ingin katakan kepada dia, 'Dengar, lakukan ini di ruang ganti, bukan sekarang. Itu membuat frustrasi. Anda menang 4-0, Anda menari-nari di depan saya." tambah Makalele.

Jika kita mau lebih realistis, Makalele bisa dianggap terlalu berlebihan, pencetak gol mana pun pantas saja mengungkapkan kegembiraan dengan sebuah selebrasi. Namun, Makalele berkilah, Makalele mengungkapkan bahwa masih ada pencetak gol yang dapat mengontrol dirinya sesudah mencetak gol. Dia adalah Thierry Henry.

"Ketika ia mencetak gol sebelumnya, dengan begitu banyak gol, ia terlihat  tidak terlalu bahagia."

"Suatu hari saya bertanya kepada Thierry, 'Kenapa?' Ia menjawab, 'Ini adalah cara saya merayakan gol saya. Saya tahu orang-orang tidak suka ini, tapi saya suka ini. Saya tidak mengubahnya'" cerita Makalele.

Evolusi Selebrasi Paul Pogba

Lain Henry lain Pogba. Pogba memang terkenal khas dengan selebrasi seusai mencetak gol dan dapat dibilang nyentrik. Sejak masih membela Juventus, Pogba dikenal dengan selebrasi Dab Dance. "Dab" adalah gerakan merentangkan sebelah tangan ke arah samping sambil menundukkan kepala.

Dab dance I Gambar : GettyImages
Dab dance I Gambar : GettyImages
Setiap kali mencetak gol untuk Juventus, Pogba tak pernah absen melakukan gerakan dab dance bersama kompatriotnya, Paulo Dybala. Gerakan ini akhirnya menjadi viral sejak awal tahun 2016.

Sebenarnya gerakan dab ini di dunia olahraga diperkenalkan oleh Cam Newton quarterback klub Carolina Panthers saat pertandingan American Football antara Carolina Panthers melawan tuan rumah, Tennessee Titans pada 15 November 2015 lalu. Newton melakukan perayaan ala Dab saat ia mencetak angka.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata gerakan dab ini juga dilakukan oleh salah satu tokoh terkenal di anime One Piece, Sanji, sang  playboy. Naruto juga sempat meniru gaya dab ini namun tidak selihai Sanji. Dari Anime ke Sepak bola, dab dance menjadi mendunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun