Mohon tunggu...
Armen Natohong
Armen Natohong Mohon Tunggu... Penulis Amatir
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa jurusan ilmu perpustakaaan UIN Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kisah Sukses dan Inspiratif UMKM: Manajer Perusahaan Memilih Resign demi Mewujudkan Mimpinya Jadi Pengusaha Rental Motor

24 Agustus 2020   22:28 Diperbarui: 26 Agustus 2020   07:11 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Sukses dan Inspiratif UMKM: Manajer Perusahaan Memilih Resign demi Mewujudkan Mimpinya Jadi Pengusaha Rental Motor
Nasution Rental Motor Medan. Sumber : Dokpri Bang Ozi

Kisah Sukses dan Inspiratif  UMKM : Seorang Manajer Perusahaan yang Memilih Resign Demi Mewujudkan Mimpinya Jadi  pengusaha Rental Motor

UMKM merupakan sebuah sektor  perekonomian yang mulai mendapat perhatian masyarakat, apalagi dengan adanya perkembangan teknologi dan infrastruktur di Indonesia yang semakin pesat.Perkembangan UMKM saat ini menunjukkan trend yang semakin positif, terbukti  banyak masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan UMKM.

Termasuk salah satunya UMKM bang Fakhru Roji Nasution yang biasanya dipanggil Bg Ozi Yaitu pengusaha Rental Motor " Nasution Rental Motor Medan" yang dulunya abang ini manajer di salah satu perusahaan farmasi di kota Medan, dengan keberaniannya meninggalkan posisinya sebagai manajer untuk mencoba buka usaha sendiri, dengan kisah ini saya tergerak untuk berbagi kisah inspiratif ini ketika membaca event Blog Competition "Dayakan UMKM" di Kompasiana.

*Awal Berdirinya Usaha Rental Motor

Sebelum Risegn dari Manajer Perusahaan, Abang Ozi yang berusia 42 tahun ini telah memiliki perancanaan untuk membuat usaha sendiri yaitu usaha rental motor. 3 tahun sebelum resign, dia juga sudah merintis membuka usaha ini dengan merentalkan 2 motornya. Permulaannya, Banyak komentar negatif dari tengganya dengan usaha ini renyal ini. karena di klaim usaha ini banyak tantangannya berikut tanggapan para tetangga "Kalo keretanya rusak dibuat para costumer, siapa yang memperbaikinya"?" kalo motornya dilarikan costumer kek mana? apa gak rugi! dan masih banyak keraguan tetangga dengan usaha ini sehingga banyak yang tertawa dengan usaha ini. Namun ini bukan jadi penghalang bagi bang Ozi untuk mengembangkan usaha ini.

*Perkembangan Usaha Rental Motor Ini

Hari demi bulan, bulan berganti tahun usaha ini makin berkembang dan semakin mejanjikan. Dengan banyaknya peminat yang mau rental motor di kota Medan ini, persedian motor pun ditambah, dengan banyaknya pendapatan di rental ini, bang Ozi pun akhirnya memilih resign dari perusahaan.

Setelah resmi resign dari kantor mendapatkan uang pesangon, uang pesangon itu pun dijadikan modal untuk menambahkan unit motor dan membeli perlengkapan seperti jas hujan, gembok cakram, GPS untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam usaha ini.

Setelah fokus ke usaha rental ini, bang Ozi pun perlahan mengembangkan usaha ini, sampai saat ini 20 unit motor telah disiapkan untuk dirental yang semuanya motor matic. Berikut daftar unit yang tersedia di rental motor Nasution ini beserta harga sewa :

10 unit motor  Honda Beat  = @1 Rp.75.000,00  perhari
8 unit  Honda Vario = @1 Rp.85.000,00 perhari
1 unit Yamaha Mio J= Rp. 70.000 perhari
1 uniy Yamaha NMax= Rp. 150.000 perhari

NB : Minimal dua hari merental

Dengan banyaknya permintaan tiap hari, abang Ozi pun merekrut 2 karyawan di usaha ini untuk mengantar jemput motor yang direntalkan. Rental ini bisa di jemput sendiri dan bisa juga diantarkan namun uang ongkos ditambah,sesuai dengan jarak yang ditempuh.

poto orang lagi sewa motor. Sumber: Dokpri Bang Ozi.
poto orang lagi sewa motor. Sumber: Dokpri Bang Ozi.
*Hambatan dalam usaha ini

Setiap usaha tidak ada yang berjalan mulus pasti ada hambatannya. Ada yang costumer merental untuk melakukan aksi kejahatan, motor dilarikan meski akhirnya dapat juga motornya. Ada sebagian costumer tidak bertanggung jawab bila merusak sparepart motor. Meski demikian, sampai saat ini usaha ini terus berdiri.

Dengan usaha bang Ozi bisa menafkahi keluarga dan bisa membantu kehidupan orang lain walaupun cuma 2 orang saja. Dan menjawab keraguan orang lain tentang usaha ini.

VIDEO PILIHAN