Mohon tunggu...
Armayliza Sekar
Armayliza Sekar Mohon Tunggu... Pelajar

Avaliable 24/7 for meeting new people and learning new things.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Berwisata Sejarah di Museum Sejarah Jakarta

23 Mei 2019   01:30 Diperbarui: 23 Mei 2019   01:58 0 0 0 Mohon Tunggu...

Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Museum Fatahillah adalah salah satu museum sejarah yang terletak di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta. Museum ini adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk mempelajari sejarah yang dimiliki oleh Kota Jakarta pada zaman dulu.

Mulai dibangun pada tahun 1707 -- 1712 atas perintah dari Gubernur Jenderal Joan Van Hoorn yang akan difungsikan sebagai balai kota. Bangunan ini didesain menyerupai Istana Dam di Amsterdam, Belanda. Pada tanggal 30 Maret 1974, bangunan ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Memasuki kawasan Museum Fatahillah, para pengunjung hanya memerlukan biaya masukberkisar antara Rp. 2000 -- Rp. 5000. Museum Fatahillah memiliki berbagai koleksi terkait dengan objek -- objek sejarah Jakarta pada masa lalu, peninggalan sejarah Kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran, serta berbagai macam gerabah yang digunakan oleh penduduk pada kehidupan sehari -- hari zaman dulu. 

Berbagai koleksi tersebut sangat menarik karena diletakan di kotak kaca yang tertata sangat rapi di berbagai ruangan yang ada di Museum Fatahillah. Peninggalan lain yang ada di Kawasan Museum Sejarah Jakarta adalah penjara bawah tanah. 

Penjara bawah tanah yang ada di Kawasan Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah ini digunakan untuk memenjarakan para tahanan pada zaman penjajahan Belanda. Area penjara bawah tanah terbagi menjadi beberapa ruangan penjara dengan ruangan penjara yang sempit dan gelap.

Para pengunjung dapat mempelajari berbagai sejarah yang tentu syarat akan ilmu pengetahuan, informasi yang ada dalam Museum Sejarah Jakarta tidak hanya dituliskan dalam Bahasa Indonesia tetapi juga dalam Bahasa Inggris, terdapat beberapariwayat sejarah yang masih dituliskan dalam Bahasa Belanda. 

Pengunjung museum ini juga berasal dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak -- anak, remaja hingga dewasa, ada juga pengunjung museum yang berasal dari warga negara luar Indonesia. Di Museum Sejarah Jakarta biasanya terdapat aktivitas kesenian seperti pameran foto dan pameran lukisan yang diselenggarakan secara berkala.

Museum Sejarah Jakarta merupakan museum yang memiliki berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan para pengunjung, seperti kantin museum dan toko souvenir. Para pengunjung dapat beristirahat di kantin museum dan membeli oleh -- oleh khas Museum Sejarah Jakarta.

Biaya masuk yang terjangkau dan banyaknya pengetahuan mengenai sejarah Jakarta yang bisa didapatkan membuat Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah ini selalu ramai oleh para pengujung, baik setiap weekend ataupun weekdays.

Yuk, ke Museum Sejarah Jakarta!