Media

Media Analog versus Media Digital

13 Februari 2018   19:30 Diperbarui: 13 Februari 2018   19:51 226 0 0
Media Analog versus Media Digital
2-aplikasi-android-bagi-pembaca-berita-secara-digital2-620x500-5a82de3aab12ae50752ec112.jpg

Era digital saat ini memungkinkan orang dapat menulis di situs online dengan modal komputer dan jaringan internet. Begitu juga sebaliknya, pembaca dapat mengakses internet secara cepat untuk menemukan tulisan atau konten pada situs online dari pada harus membaca buku. Namun, banyak ditemukan tulisan yang buruk, seperti ketidakjelasan konten, tidak ringkas dan mengambang. 

Menulis online perlu memperhatikan komunikator pesan yaitu keterampilan penulis dalam menyampaikan pesan provokatif, menarik dan mendalam. Penyusun informasi dimana konten tulisan berisi sesuatu yang penting dan mampu menyulut interaksi pembaca. Interpreter yaitu kesesuaian pesan dengan kebutuhan pembaca. Keunggulan dari situs onlineyaitu kecepatan informasi dapat disebarluaskan kepada khalayak. 

Keuntungan dari penulis sendiri dalam menulis  pada situs online yaitu meminimalisir cost  biaya cetak. Kemudian pada sisi pembaca yaitu dapat merasa lebih dekat dan menyatu dengan konten yang ada. Kedekatan tersebut didukung dengan adanya elemen, seperti  foto, video, audio dan sebagainya. 

Pembaca juga akan memperoleh informasi yang dapat terus diperbarui kapanpun sesuai dengan perkembangan konten. Pembaca juga lebih bebas menentukan konten bacaan yang diinginkan dengan hanya mengklik sebuah situs.

Menulis situs online harus memperhitungkan beberapa aspek untuk menciptakan tulisan yang jelas, terpercaya dan mendalam. Hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut :

Kredibelitas

Krerdibilitas mengacu pada 3  komponen dalam penulisan online yaitu komunikator, organisir, dan interpreter.  Kredibelitas dibutukan dalam penulisan  dimana pembaca lebih percaya pada informasi yang dituliskan dalam situs online. Hal tersebut dibuktikan dari penelitian yang dilakukan yang mana meningkatnya penggunaan internet untuk mengakses informasi dalam situs online di Amerika. 

Meningkatnya pengakses informasi pada laman online membuktikan adanya kredibelitas yang dimiliki media situs online.Namun, tidak dapat dipungkiri sebagaian pembaca berpendapat bahwa informasi yang ada pada web tidak sepenuhnya jelas dan mendalam atau dapat dikatakan bias.

Bias

Beberapa pendapat mengatakan bahwa kredibelitas pada tulisan online muncul dari prespektif penulis, bukan karena ketiadaan informasi pada media tradisional. Penulis pada media tradisional tetap berlandas pada etos kejujuran profesi jurnalis yang ada pada mereka. Objektivitas bukan hanya berguna dalam etika jurnalisme tetapi dimaknai lebih jauh sebagai prinsip penulisan yang terbuka dan transparan.

Identifikasi

Penting bagi penulis dalam mengidentifikasi isi konten yang dituliskan pada situs Online. Indentifikasi ditekankan dalam konsep komunikasi yang membantu pembaca dalam memahami isi tulisan. Indetifikasi dari isi konten tersebut juga mampu membangun kepercayaan pembaca akan tulisan yang ditulis tersebut.

Transparasi

Transpari dalam penulisan online mengacu pada keterbukaan penulisa terhadap saran dan kritik serta informasi baru. Mencantumkan sumber bahan yang digunakan dalam penulisan untuk membangun kepercayaan pembaca.

Akuntabilitas

Penulis harus membangun tulisan yang sedemikian menarik, supaya pembaca terus tertarik mengakses situs  onlinepenulis tersebut. Namun, dalam penulisan tersebut harus memperhatikan standar profesional penulisan informasi, seperti teknik pengumpulan dan penyajiannya. Menarik atau tidaknya sebuah tulisan online dapat diukur dengan seberapa besar respon dan interaksi yang terjadi dalam laman web tersebut.

Mengarah pada topik bahasan kredibelitas sebelumnya, terdapat elemen yang mampu membangun kepercayaan pembaca pada sebuah situs, yaitu navigasi situs yang mudah digunakan, design situs, kualitas grafis, teknik penulisan, kelengkapan informasi, keahlian pada subjek yang ditulis dan tautan link sebuah situs yang relevan. Kemudian menurut Staford dalam (Caroll, Brian. 2010) memaparkan ciri-ciri situs yang relevan dan dapat digunakan dalam web anda, yaitu:

  • Manfaat konten dalam link
  • Responsif terhadap pertanyaan yang muncul
  • Mencantumkan contact yang dapat dihubungi
  • Aktif memperbarui konten webnya
  • Menyantumkan sumber bahan yang digunakan
  • Memiliki kolom komentar untuk interaksi
  • Muncul dihalaman pertama hasil search engine
  • Kontennya sesuai dengan prefensi yang dibutuhkan
  • Memiliki iklan sesuai dengan topik yang and baca, semakin terkemuka iklan yang ada maka kredibelitasnnya semakin tinggi.
  • Memiliki URL dengan akhiran ".org"

Keterbacaan dan Kemampuan Memindai

Seorang penulis onlineharus dapat memaparkan poin penting dari sebuah informasi yang ditulisnya dalam situs. Hal tersebutlah yang menjadi pembeda dari penulisan pada media tradisional. Efektifan dan praktis diakses menjadi keunggulan web mobile sehingga memungkinkan pembaca lebih memilihnya, terkhusus pengguna gudget.Berbeda dengan media tradisional, penulisan pada situs onlineharus menggaris bawahi dengan jelas konteks dan tujuan dengan bentuk point. Hal tersebut mampu memudahkak pengguna memperoleh jenis informasi tertentu sesuai keinginan. 

Pembaca online cenderung lebih memilih untuk memindai konten dari pada harus membaca kata demi kata yang dirasa membutuhkan banyak waktu. Oleh sebab itu, pembaca membutuhkan petunjuk, rambu dan sorotan. Kebutuhan pembaca tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk layers,yang mencangkup headlines, teasers, ringkasasn singkat, visual atau audio, cerita terkait dan tautan yang terhubung. Keunggulan lain yang membedakan dengan media tradisional dari web adalah penampilan visual yang dimiliki. situs online mampu memberi tampilan visual dan grafis yang menarik bagi pembaca. 

Tampilan visual tersebut tidak terlepas dari warna. Pembaca pada dasarnya memindai melalui web untuk memperoleh sesuatu yang dibutuhkannya dan melewatkan yang tidak penting. Warna menjadi pemikat tersendiri bagi pembaca untuk memilih sebuah laman situs online yang dibutuhkan. Hal tersebut menjadikan warna sebagai komponen yang penting digunakan.

Era digital saat ini menjadikan situs online sebagai pilihan pembaca dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya. Keunggulan lain yang dimiliki situs online selain diatas meliputi ketersediaan akses 24 jam, kesempatan untuk memperbarui, bebas biaya, hiperstektual, terdapat umpan balik, multimedia dan masih banyak lagi. Namun, banyaknya keunggulan yang dimiliki situs online, tidak terlepas juga dari kekuranagan, seperti persaingan tinggi dengan penulis lainnya dan lain-lain.

Berdasarkan kecenderungan pembaca yang lebih memilih untuk memindai dari pada membaca secara keseluruhan, maka perlu diperhatikan 2 aspek yang membantu dalam penulisan situs online:

Headlines (Berita Utama)

Dominan Headlines(berita utama yang dominan) merupakan aspek terpenting untuk menarik perhatian pembaca dan melanjutkan hingga akhir paragraf suatu tulisan. Headlines disarankan mampu memberi informasi sepintas kepada pembaca yang cenderung memindai sebuah tulisan. Guna meningkatkan minat pembaca terhadap sebuah tulisan, yaitu penggunaan judul yang informatif, paragraf singkat yang mendalam, mencantumkan ringkasan deskripsi, ukuran foto yang terkait dengan konten, multimedia yang menarik, serta font tulisan yang mudah untuk dibaca.          

Linking

Konten online harus diatur sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan dalam mengakses laman web. Penulis dianalogikan dalam konsep membangun rumah dimana harus memikirkan posisi ruang, pintu, jendela agar mudah diakses oleh pengunjung. Penting bagi penulis untuk memperhatikan isi konten, tampilan web karena pengunjung pada dasarnya tidak mengetaui semua konten yang ada pada situs. Kemudian untuk memberi kemudahan bagi pembaca mengakses konten lanjutan yang diinginkan, penulis dapat mencantumkan link kehalaman yang diinginkan. Tautan link dapat disematkan pada teks dan memungkinkan pembaca untuk mengkliknya saat itu juga. Pastikan konten link yang diberikan tidak membingungkan dan menyesatkan pembaca. Konten link ada baiknya mampu memberikan kontribusi untuk konteks dalam tulisan. Penulis dalam menulis pada web juga harus membuat keyword tulisan utama yang kaya akan kata kunci, sehingga mudah ditemukan pada mesin pencarian (misal:google). Perlu diperhatikan bahwa situs onlinedapat diakses oleh berbagai pengunjung dengan latar belakang berbeda. Oleh sebab itu, penulis harus memberikan sajian tulisan yang singkat, aktif, konkert dan mudah dipahami oleh pengunjung.

Kualitas sajian informasi sangat penting mengingat layar memiliki ukuran yang cukup kecil. Kemudian mengingat teks online dapat disajikan pada lngkungan multimedia non linear sehingga mendukung keseluruhan sajian pesan. Selain dari teknologi teks online, terdapat teknologi lainnya dalam menampilkan informasi yaitu video singnkat, video grafis dan grafis vector. Teknologi tersebut sesuai untuk menjelaskan konsep baru, meruntuhkan proses dan rangkaian peristiwa yang kompleks, dan mendemonstrasikan proses terjadinya. Bukan hanya  teknologi video ataupun grafis vector saja, media sosial juga ikut andil dalam memberikakan sajian informatif kepada pengguna internet. Manusia pada dasarnya merupakan makluk sosial dan memiliki keinginan untuk berinteraksi, sehingga tidak heran apabila media sosial cukup populer dimanapun berada. Adapun media sosial yang populer digunakan yaitu Facebook, instagram MySpace, Bebo, twitter dan LinkedIn.

Daftar Pustaka :

Carroll, Brian. 2010. Writing for Digital Media. First published 2010 2010.https://ayomenulisfisip.files.wordpress.com/2018/01/writing-for-digital-media.pdf.  

Gambar. https://www.bedahtekno.com/file/2015/11/2.Aplikasi-Android-bagi-Pembaca-Berita-Secara-Digital2-620x500.jpg