Mohon tunggu...
Aris Armunanto
Aris Armunanto Mohon Tunggu... Lainnya - Penghobi jalan pagi.

Hati yang gembira adalah obat yang manjur,...(Amsal 17:22).

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Ada Spot Menarik yang Tersembunyi di Candi Gedong Songo yang Jarang Diketahui

3 November 2023   11:01 Diperbarui: 10 November 2023   14:00 553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kolase - Foto: Dokumentasi Pribadi

"Saat ini akses masuk ke lokasi Candi Gedong Songo dialihkan melalui gang kecil karena sedang ada perombakan tempat parkir," kata seorang warga menjawab pertanyaan saya. 

Namun gang kecil yang melewati rumah warga masih bisa dilalui satu mobil. Sedangkan tiket masuk masih sama. Rp. 15.000; untuk wisatawan lokal.

Tidak banyak yang tahu bahwa destinasi wisata sejarah, budaya dan alam Candi Gedong Songo masih menyimpan beberapa spot menarik yang jarang diketahui pengunjung.

Saya termasuk tipe orang yang kepoan. Dengan nama candi Gedong Songo, seharusnya ada 9 kompleks candi. Namun beberapa kali kesana. Saya hanya menjumpai kompleks candi ke 1, 2, 3, 4 dan 5. Lalu dimana keberadaan yang lainnya?

Pihak pengelola Candi Gedong Songo pun kelihatannya enggan tuk memberikan keterangan. Petunjuk arah maupun larangan tuk mengunjungi keberadaan kompleks candi yang "hilang" tak pernah diungkapkan.

Saya beruntung bisa menemukan lokasi reruntuhan batu-batu candi yang diduga sebagai kompleks candi ke 6, 7, 8 dan 9.  Ada yang terletak didekat kawah mati

Bagi penyuka wisata candi. Candi Gedong Songo wajib masuk daftar favoritmu. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang menyuguhkan pesona alam yang indah.

Candi Gedong 5 (atas) dan Candi Gedong 3 (bawah) / dokpri
Candi Gedong 5 (atas) dan Candi Gedong 3 (bawah) / dokpri

Lokasi antar candi yang berpencar cukup jauh sungguh mengasyikkan bagi kamu penyuka jalan kaki. Olahraga sambil menambah wawasan sejarah budaya peninggalan masa Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9. Ditemukan oleh Thomas Stanford Raffles pada tahun 1804 (id.m.wikipedia.org).

Namun bagi yang tak kuat jalan kaki, wisata naik kuda keliling area sampai candi ke 5 merupakan alternatif yang menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun