Mohon tunggu...
Ariqa Helmi
Ariqa Helmi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Bermain musik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jakarta International Stadium Sudah Siapkah?

11 Agustus 2022   10:00 Diperbarui: 11 Agustus 2022   10:08 180 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Jakarta International Stadium (JIS) adalah salah satu stadion kebanggaan Indonesia khususnya warga DKI Jakarta yang berstandar Internasional. Jakarta International Stadium (JIS) beralamat di Papanggo,kec. Tanjung Priok dengan luas mencapai 26 hektare dan dapat menampung sekitar 82.000 penonton. JIS yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang berteknologi canggih pembangunannya hanya berlangsung sekitar 3 tahun, yaitu dari 14 Maret 2019 dan dibuka pada 13 April 2022. Pembangunan JIS yang hanya berlangsung selama 3 tahun ini sangatlah cepat bagi stadion yang sudah berstandar internasional. Lantas apakah stadion berstandar internasional ini sudah siap dipakai?
1.Pagar pembatas roboh
Pada saat grand launching JIS pada hari minggu 24 Juli 2022, saat itu JIS mengadakan pertunjukan yang dihadiri oleh banyak artis artis terkenal di Indonesia dan ada juga pertandingan sepakbola antara klub kebanggaan jakarta, Persija, melawan klub dari negara Thailand, Chonburi FC. Banyak penonton yang berasal dari berbagai daerah hadir, hal itu membuat stadion penuh. Karena stadion sudah penuh , sejumlah penonton memilih untuk duduk di pagar pagar pembatas yang ada di depan tribun. Hal ini menyebabkan pagar pembatas di tribun utara roboh.
2.Kurangnya lahan parkir
Lahan parkir JIS dinilai masih perlu penyempurnaan, JIS yang dapat menampung sekitar 82.000 orang hanya dilengkapi dengan lahan parkir yang minim. Menanggapi masalah lahan parkir, Direktur PT Jakpro Perseroda Widi Amanasto menjelaskan bahwa lahan parkir yang tidak berimbang dengan jumlah kursi penonton disebabkan karena penonton lebih dianjurkan untuk menggunakan kendaraan umum.
Menanggapi kurangnya lahan parkir dan juga robohnya pagar pembatas penonton perlu dilakukan evaluasi evaluasi agar JIS dapat lebih siap lagi untuk pertandingan di lain waktu. Diharapkan juga agar Jakarta internasional Stadium (JIS) dapat menjadi tempat yang aman bagi masyarakat yang ingin datang. Masyarakat diharapkan juga untuk dapat mematuhi peraturan-peraturan yang sudah ada dan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga dengan adanya Jakarta International Stadium ini dapat memberikan manfaat bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan