Arip Imawan
Arip Imawan

semakin bertambah ilmuku maka semakin terlihatlah kebodohanku

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Kenapa Saya Pilih Wuling Confero S?

17 Januari 2018   00:08 Diperbarui: 17 Januari 2018   01:01 7447 1 1
Kenapa Saya Pilih Wuling Confero S?
dokpri

Pasca kelahiran anak ke-3 di awal 2017, otomatis jumlah keluarga pun bertambah, kini 7 orang. Akbar dan tiyya juga menginjak dewasa dan remaja, praktis kebutuhan untuk bepergian silaturrahim lebaran maupun liburan keluar kota pun membutuhkan kendaraan yang lebih besar, nyaman dan tentunya sesuai budget, mengingat mobil Datsun Go+ Panca T-Option saya sudah penuh sesak jika dimuatin 7 orang, belum lagi barang bawaan.

Akhir Desember 2017 sayapun browshing di internet terkait mobil - mobil LCGC maupun LMPV yang lagi marak saat ini, pertimbangan pertama dari segi harga, kedua model, ketiga ukuran mobil yang pas untuk keluarga besar.

Saya pun buka www.oto.com, karena di website tersebut lengkap terkait ulasan segala macam merk mobil, serta saya browshing di youtube otodriver, B-Chanel, Autonetmagz, Otomotifmagz, terkait review mobil -- mobil LCGC dan LMPV

Pilihan pertama jatuh ke si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, harganya yang terjangkau mulai dari Rp. 109 Juta -- Rp. 146 Jutaan, tapi dari sisi model depannya saya kurang sreg karena "mrogos" seperti mulut lebar, muat 7 orang, 1200 CC, panjang 4,1 Meter, lebar 1,7 Meter, tinggi 1,6 Meter, fiturnya lumayan lengkap disbanding Datsun Go+ Panca T Option yang saya punya. Namun sayang, jika dinaiki 7 penumpang full, roda bannya ambles, jadinya mobil kelihatan rendah dan ground clearance nya pun rendah, rawan kena banjir dan tergores undukan tanah atau batu.

Pilihan kedua ada ke Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, muat 7 seater, harganya mulai dari Rp. 180 Juta -- Rp. 115 Jutaan, tampilannya pun elegan, dengan bodi yang lebih besar, cocok jadi mobil keluarga. Panjang 4,1 Meter, tinggi 1,7 meter, lebar 1,7 meter. Tapi sayang Avanza dan Xenia minim fitur tidak sebanding dengan harganya, walaupun dicap sebagai mobil sejuta umat.

Pilihan ketiga ada ke Mitsubishi Xpander, modelnya bagus banget, terlihat gagah dan kuat, fiturnya juga lengkap, harganya mulai dari yang terendah Rp. 190 Juta -- Rp. 245 Jutaan. Panjang 4,5 meter, lebar 1,8 meter, tinggi 1,7 meter. Dari beberapa review didapati di medsos sebagian di complain consumer terkait inden yang lama hingga 6 bulan dan warna cat yang belang.

Pilihan keempat ada Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios, interior dan eksteriornya mewah, fiturnya pun melimpah, dibanding dengan Avanza dan Xenia, panjang 4,4 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1,7 meter, harganya mulai dari Rp. 200 Juta -- Rp. 246 Jutaan. Sayangnya kasusnya sama seperti Xpander, indennnya juga lama dan di review di beberapa medsos bodinya ada yang kurang presisi terutama terios.

Pilihan kelima ada Wuling Confero S, mobil ini masih asing dan belum familiar dipasaran. Di youtube banyak yang review tentang Confero S yang notabenenya mobil buatan cina. Panjang 4,5 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1,7 meter. Fiturnya berlimpah, interior dan eksteriornya sporty, kabinnya pun luas dan lega. Sayapun kesengsem dengan Confero S, kelihatannya pas untuk keluarga, dari segi harga mulai dari Rp. 129 Juta -- Rp. 166 Jutaan, kapasitas untuk 7 - 8 orang. Apalagi ada model captain seat seperti halnya Honda Freed, Toyota Kijang Innova. Toyota Alphard

dokpri
dokpri
Akhirnya, Jumat malam 22 Desember 2017 saya bersama istri dan anak-anak berkunjung ke dealer resmi Wuling Putra Perdana di Jl RA Kartini 128 Gresik, disana saya ditemui supervisornya, mas Luis.

Sayapun lihat -- lihat confero S yang dipajang di dealer, ada tipe confero standart dan confero S L Lux+. Usai lihat eksterior dan interiornya, sayapun ingin test drive, dan test drive saya mencoba tipe C Lux+, disopiri anak saya dan didampingi mas Yanto salah satu sales Wuling, test drive pun keliling jl RA Kartini -- jl Pangsud -- Pasar senggol -- dan balik ke dealer. Istri duduk di bangku kedua, saya duduk dibangku ketiga, hemm... sungguh lega.

Usai test drive saya pun bermusyawarah dengan istri dan anak-anak, anak saya fatiyya bilang sudah sreg dengan Confero S yang captain seat, sedang anak saya Akbar yang sekolah di SMK dangpenghobi otomotif bilang "bi, jangan terpengaruh merk, Wuling gabungan GM Amerika dan SAIC Cina. Kedepan perkembangan Wuling mirip Datsun, diragukan tapi sekarang booming"

Karena istri dan anak-anak sudah mantab pilih Wuling Confero S, sayapun ikuti keinginan anak, malam itu juga saya nego soal harga langsung ke mas Luis, harga Confero S C Lux+ Rp. 160,9 juta, karena akhir tahun saya pun dikasih diskon hingga 12 juta, jadinya kena Rp. 148,9 juta, dan oleh saya masih dikasih bonus karpet dan kaca film, setelah sepakat sayapun beri tanda jadi pemesanan Rp. 1 juta untuk SPK, pilih Confero S C Lux+ warna Putih.

Tanggal 27 Desember 2017 ada WA masuk dari mas Daniel salah satu salesman Wuling Gresik yang member kabar bahwa unit pesanan saya Confero S C Lux+ sudah ready di gudang Sidoarjo dan siap dibawa ke Gresik. Lewat mas Daniel inilah komunikasi saya berlanjut. Saya pun minta bonus kaca film Solar Guard, karena vendornya kosong sayapun ditawari kaca film 3M dan Sun Polar, sayapun milih kaca film 3M depan ukuran 40% samping dan belakang 60%. Untuk mempercantik interior dan eksterior, sayapun minta dipasangan sekalian karpet lantai dan talang air dengan nambah Rp.600.000.

Tanggal 6 Januari 2018, mas Daniel member kabar via WA dan ngirimi foto jika unit Confero S nya sudah ada di dealer dan sedang pemasangan kaca film, dan saya diminta segera mentransfer dana pembelian, saya sampaikan kalo sekarang bank tutup sabtu-minggu, insya Allah saya transfer senin tanggal 8 Januari, dan unit bisa dikirim Selasa tanggal 9 Januari 2018, mas Daniel pun menyetujuinya.

dokpri
dokpri
Yang ditunggu- tunggu pun tiba, Selasa 9 Januari 2018 si putih Wuling Confero S C Lux+ datang diantar oleh mas Daniel, mas Yanto dan mbak Sobah dari dealer Wuling Gresik. Kehadiran Confero S disambut gembira oleh keluarga dan tetangga. Komentar spontanitas dari para tetangga ketika si Confero tiba dirumah "wah.. mobile gede kayak innova, mewah apik tenan"

dokpri
dokpri
Usai serah terima kendaraan, mas Daniel dan kawan-kawan saya jamu makan siang di warung sate langganan, dan si putih Confero S langsung saya bawa ke Alfin Cutting Stiker untuk di percantik bodinya.

Rabu 10 Januari 2018, si Wuling Confero S saya bawa ke kantor, sama teman -- teman dan karyawan si Wuling Confero S di test drive muter -- muter parkiran kantor, kesan yang didapat dari mereka yangsudah tes drive "Wuling koplingnya enteng, setirannya ringan, bodinya ,mirip ertiga, kabin luas dan lega mirip innova, fitur nya mewah"

dokpri
dokpri
Sabtu malam minggu 13 -- 14 Januari 2018, siputih Confero S saya uji untuk perjalanan jauh Gresik -- Surabaya -- Sidoarjo -- Pasuruan -- Malang -- Blitar -- Kediri -- Jombang -- PP. si putih Confero S pun kupacu dengan kecepatan 120 KM/jam di jalanan tol Sumo dan tol Pandaan, begitu pula Confero S sangat enteng saat melewati jalan pegunungan di perbatasan Kepanjen Malang dan Wlingi Blitar. Dalam kurun seminggu ini Confero S saya sudah melakukan perjalanan sejauh 896 KM dengan mengkonsumsi BBM Pertamax 63,82 Liter atau setara Rp.537.600. Berarti uji konsumsi BBM Confero S perjalanan luar kota kurang lebih 1:14, wajar karena ConferoS memiliki 1500 CC.

dokpri
dokpri
Kesimpulannya kenapa saya pilih Wuling Confero S ?

  • Sesuaikan dengan budget yang ada
  • Modelnya yang mewah baik interior dan eksteriornya
  • Muat untuk keluarga besar karena kabinnya luas dan lega
  • Multifungsi, bisa untuk angkut orang dan barang
  • Bengkel resmi dan sperpartnya mudah didapat karena semua dealer Wuling menerapkan 3 S (Sales, Service dan Sparpart)
  • Bandel dan kuat, kuat ditanjakan dan kencang di jalanan

dokpri
dokpri
Semoga bermanfaat