Mohon tunggu...
ARIP KURNIAWAN
ARIP KURNIAWAN Mohon Tunggu... Guru - GURU

Hanya seorang guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.2

23 September 2022   16:28 Diperbarui: 23 September 2022   16:38 124 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Koneksi antar Materi modul 1.2.  CGP angkatan 6

Saya arip kurniawan CGP Angkatan 6 dari SMPN 2 Panyingkiran

Setelah saya menjalani pembelajar dari modul 1.1 hingga 1.2  berikut adalah hal hal yang menjadi pembelajaran bagi saya

Peristiwa atau momen yang berarti bagi saya adalah ketika saya pertama kali melakukan pembelajaran secara mandiri dengan alur merdeka, suatau cara pembelajaran yang belum saya lakukan sebelumnya. Dari mulai mengenali diri sendiri,eksplorasi konsep sampai melakukan aksi nyata. 

Pada eksplorasi konsep pemikiran KHD saya mengatahui bahwa benar adanya anak didik kita bukan lah kerttas kosong yang bisa kita isi dengan coretan coretan sekehendak hati kita tapi kertas yang penuh dengan tulisan sama dan kita hanya menebalkan saja. Mempelajari nilai dan peran peran guru penggerak .Bahwa seorang guru pengerak harus mampu berpihak pada murid, mampu berkolaborasi dengan siapapun untuk pendidikan, berinovasi mandiri dan reflektif. Mengejakan tugas secara kolaborasi dan dilakukan secara daring merupakan sesuatu hal yang baru bagi saya, bahwa mengajarkan kepada saya dengan kecanggihan zaman sekarang jarak bukanlah penghalang untuk kita berkolaborasi menghasilkan suartu karya.

Momen yang paling menantang adalah setelah mengetahu pemikiran khd adalah bagaimana saya menerapkan pembelajaran yang berpihak dan berpusat pada murid sesuai pemikiran KHD dalam kegiatan pembelajaran saya disekolah yang selama ini saya berfikir bahawa guru lah pusat dari pembelajaran . kemudian saya berfikir dan berdiskusi dengan rekan rekan baik sesame CGP maupun rekan sejawat disekolah Menemukan kekuatan dan kelebihan yang ada dalam diri saya  sesuai dengan nilai nilai dan peran sebagai guru penggerak untuk saya kembangkan lagi apa yang telah saya lakukan dan rencana apa yang akan saya lakukan

Kaitan antara modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah bahwa menurut KHD peran seorang guru dalam mendidik anak didik adalah menuntun dan mengarahkan sesuai dengan kodrat nya, guru ibarat petani yang hanya memberi pupuk, memberi pengairan yang baik membasmi dan mencegah agara tidak terkena hama. Dan peran dan nilai  guru penggerak yang menjadi pemimpin pembelajaran  sejalan dengan pemikiran tersebut bahwa guru pembelajaran harus berpihak pada murid kita berinovasi berkolaborasi dengan rekan rekan agar membuat sebuah pembelajaran yang berpihak untuk pada kepentingan murid/anak  sesuai dengan filosofi KHD yang berhamba pada anak.

Persaan saat momen itu terjadi saya merasa bersemangat, seperti menemukan sesuatu yang baru bagi saya yang sangat berharga . selama ini saya menjadi guru merasa paling mengetahui cara mengajar, ternyata belum sesuai dengan pemikiran ki hajar dewantara. Masih banyak peran peran yang belum saya lakukan sebagai seorang guru kepada siswa, berharap dan bersemangat untuk memperbaiki apa yang kurang dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki. Saya bersyukur menjadi bagian dari pendidikan guru penggerak .

Sebelum momen itu terjadi saya berfikir bahwa guru lah yang bisa membentuk siswa menjadi apa sesuai keinginan kita dan  kita paksakan untuk terus berlatih dan belajar dengan cara yang menurut saya benar. Saya berfikir bahwa siswa yang baik itu yang bisa diam dikelas, mendengarkan apa yang guru perintahkan dan melakukan apa yang guru perintahkan. Meraih rangking 10 besar adalah prestasi dan yang tidak meraih 10 besar tidak berpresatasi. Setelah momen itu, dan saya mengetahui filosofi pendidikan KHD, saya mengetahui bahwa kita sebagai guru hanya menuntun perkembangan siswa , guru harus membuat pembelajaran yang menyenangkan, menjadi pemimpin pembelajaran . guru bukan pusat pembelajaran tapi muridlah yang menjadi pusat pemebelajaran , berorientasi pada murid. 

Saya segera membuat kelompok kelompok diskusi siswa dikelas agar  mereka bisa belajar berkolaborasi, menghargai sesame dan menumbuhkan kepemimpinan siswa. Prestasi siswa bukan hanya meraih peringkat kelas atau rengking lebih dari itu prestasi adalah mampu melakukan apa yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Setelah momen itu saya harus mengevaluasi dan memaknai setiap kegiatan yang saya lakukan dengan berdiskusi, berefleksi dengan rekan sejawat disekolah , kepala sekolah dan rekan rekan dikomunitas saya.  

Rencana ke depan saya harus tetap melaksakana pembelajaran, bimbingan yang berpihak pada murid  mencari cara agar mereka bisa belajar memenuhi kebutuhan mereka dalam belajar  sesuai dengan kodrat zaman dan kodrat alamnya. Tetap menuntun dan mengarahkan mereka hanya sebatas mereka agar tidak kehilangan arah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan