Mohon tunggu...
Arimas Afidh
Arimas Afidh Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Jambi

2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Riset Pemasaran bagi Suatu Perusahaan Serta Indikator Pembuatannya

28 Maret 2022   03:09 Diperbarui: 28 Maret 2022   06:08 2493
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai generasi muda sudah seharusnya kita menyadari bahwa riset pemasaran atau lebih dikenal dengan marketing research adalah studi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Riset pemasaran secara jelas berhubungan dengan bagaimana mencari cara terbaik agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Riset pemasaran sendiri merupakan sarana yang sangat berpengaruh dalam memperoleh informasi penting untuk membuat keputusan. Seperti yang kita ketahui pasar merupakan hal yang dinamis sehingga perlu kita pahami melalui metode riset yang berdasarkan fakta yang ada dilapangan. 

Sifat dinamis inilah yang secara tidak langsung membawa suatu perusahaan maupun perorangan untuk mengamati dan melakukan riset jangka pendek maupun jangka panjang. 

Dengan menggunakan riset pemasaran, Pemasar di perusahaan memiliki indikator-indikator yang kuat, Tidak hanya sekedar intuisi, karena informasi yang dihasilkan dari riset pemasaran berdasarkan berbagai metodologi dan pendekatan yang sistematis dan terstruktur.

Lalu apa pentingnya riset pemasaran bagi suatu perusahaan?  riset pemasaran sendiri berperan  penting untuk mengevaluasi apa yang berhasil dan tidak dalam role model bisnis yang sedang dilakukan. Riset ini secara luas memiliki arti penting untuk mengevaluasi, menargetkan, memahami, dan memprediksi.  

Riset ini mencakup penelitian ke pasar target, serta sistem dalam bisnis yang membentuk kondisi pemasaran. Riset pemasaran melihat setiap aspek dari Empat bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Hal ini sudah termasuk: Hubungan Masyarakat, Mode distribusi, Pengembangan produk/layanan baru, Promosi dan iklan, harga, Kondisi pasar, dan merek. 

Riset pemasaran membantu perusahaan mempelajari bukan hanya apa yang diinginkan pelanggan, tetapi seberapa sukses bisnis perusahaan dalam menjangkau dan terhubung dengan konsumen. Riset pemasaran membantu perusahaaan dalam mengidentifikasi masalah, peluang, memperbaiki sistem, dan mengevaluasi strategi pemasaran perusahaan.

Bagaimana cara melakukan riset untuk bisnis meskipun mereka melihat aspek yang berbeda? baik riset pasar maupun riset pemasaran harus mengikuti pola pengumpulan dan analisis data yang sama. mulailah dengan mengidentifikasi fokus penelitian. Lalu mengetahui pertanyaan apa yang perusahaan coba jawab akan membantu perusahaan menyusun penelitian secara efektif. 

Dimulai dari seperti tentukan anggaran dan jangka waktu riset, lalu berapa banyak yang dapat perusahaan keluarkan untuk proses penelitian? Seberapa cepat tim riset perlu menyelesaikan pengumpulan data? Seperti semua strategi yang perusahaan gunakan untuk mengembangkan bisnis, penelitian harus dilakukan dalam sumber daya yang tersedia. Namun,  semua tergantung pada urgensi pertanyaan yang perlu dijawab, mungkin ada baiknya berani menghabiskan lebih banyak anggaran untuk mendapatkan hasil yang paling komprehensif.

 Identifikasila data apa yang perlu dikumpulkan dan bagaimana akan mengumpulkannya. Beberapa pilihan pengambilan data adalah observasi, survei, panggilan telepon, atau kelompok fokus. Jika Anda tidak yakin bagaimana menyusun pengumpulan data Anda, pertimbangkan untuk bekerja dengan firma riset profesional. Selanjutnya pilih metode pengambilan sampel. 

Bagaimana perusahaan akan memilih peserta untuk penelitian? Perusahaan mungkin memerlukan sampel acak dari konsumen, kelompok yang semuanya  memiliki faktor gaya hidup yang sama atau tanggapan hanya dari orang-orang yang sudah menjadi pelanggan. buat rencana untuk mengidentifikasi dan menghubungi peserta. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun