Mohon tunggu...
arifin septiyanto
arifin septiyanto Mohon Tunggu... Arifin Septiyanto

Always Say ALhamdulillah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Supporting Pemahaman Masyarakat untuk Mencegah Penularan COVID-19

2 Agustus 2020   21:43 Diperbarui: 2 Agustus 2020   21:32 3 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Supporting Pemahaman Masyarakat untuk Mencegah Penularan COVID-19
Dok. pribadi

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu program wajib bagi sarjana di Universitas Sebelas Maret di Surakarta. KKN merupakan salah satu penerapan dari tiga unsur penting perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Hasil pemikiran dan penilitian mahasiswa dapat diterapkan dalam kegiatan KKN untuk pengembangan masyarakat dengan bantuan dosen pembimbing.

Tahun 2020 ini, Universitas Sebelas Maret tetap melaksanakan KKN tematik sehubungan dengan adanya pandemic Covid-19. Pelaksanaan KKN UNS Covid-19 ini dilakukan di masing-masing wilayah mahasiswa bertempat. KKN UNS Covid-19 yang dilaksanakan Meta Aulia dengan NIM K4517028 bertempat di RT 06 RW 03 Bekasi Barat dan dilaksanakan selama 35 hari dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Drs. Sisyono Eko Widodo, M. Hum. KKN dilaksanakan dengan tema supporting pemahaman masyarakat mengenai Covid-19

Beragam program kerja telah dilaksanakan dengan cukup baik. Dalam bidang pendidikan, Penulis melaksanakan bimbingan konsultasi pelajaran untuk siswa SD-SMP di RT 06 RW 03. Konsultasi ini bersifat luring dan dibatasi sekitar 2-3 orang per sesinya. Pelaksanaan program kerja ini berlangsung selama lima kali pertemuan dan cukup membantu pemahaman siswa dalam pelajaran sekolahnya.

Selain itu, Penulis juga melaksanakan beberapa sosialisasi dalam pemahaman dan penanganan Covid-19. Sebagai contohnya ialah melaksankan sosialisasi new normal, cara mencuci tangan yang baik, dan pemakaian masker. Penulis memberikan edukasi tentang apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi new normal dan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Penulis membagikan sabun cuci tangan untuk beberapa fasilitas umum yang berada di wilayah RT 06 RW 03 Bekasi barat. Sebagai contohnya pembagian sabun cuci tangan ke dua masjid terdekat dan memberikan sabun cuci tangan, poster tata cara pencucian tangan yang baik k epos satpam. Penulis juga memberikan beberapa masker kain ke petugas satpam yang sedang bertugas untuk bisa digunakan pada saat di luar rumah.

Pelaksanaan KKN UNS Covid-19 di RT 06 RW 03 Bekasi Barat ini mendapat respons yang cukup baik dari masyarakat sekitar dan cukup membantu meningkat pemahaman masyarakat. Harapan Penulis untuk ke depannya supaya masyarakat dapat terus menerapkan protokol Kesehatan untuk seterusnya dan pandemic Covid-19 bisa cepat berakhir dengan bantuan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x