Mohon tunggu...
Arifin BeHa
Arifin BeHa Mohon Tunggu... Penulis - Wartawan senior tinggal di Surabaya

Wartawan senior tinggal di Surabaya. Dan penulis buku.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Generasi Sekarang Bersiaplah Perang

6 September 2017   20:45 Diperbarui: 6 September 2017   20:50 2068
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aqua Dwipayana (batik, tengah) tengah menggali potensi mahasiswa baru UIN Raden Fatah, Palembang

Pengantar: Saya diundang Sdr. Aqua Dwipayana mengikuti "Seminar & Motivasi" di dua tempat: Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang dan PLN WS2JB --Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu pada 23 Agustus 2017. Dr. Aqua Dwipayana, M.Ikom --seorang motivator dan konsultan komunikasi tingat nasional, serta penulis buku "The Power Of Silaturahim". Oleh koleganya dia dijuluki penebar virus; silaturahim. Satu kehormatan.

THE New Shorter Oxford English Dictionary on Historical Principles (Stephane Garelli, 2006)  menjelaskan, orang yang kompetitif adalah orang yang memiliki keinginan kuat untuk bersaing. Kata bersaing menunjukkan arti "menjadi saingan" atau berupaya menyamai yang lain, setidaknya menyamai kualitas, dan pada akhirnya "berupaya keras meraih keunggulan".

Coba Anda klik (baca: ketik) kata daya saing alias competitiveness pada mesin pencari Google. Lalu perhatikan betapa banyak hasilnya. Kalau tidak salah menghasilkan lebih dari 35.000.000 entri.

Sulit dipercaya bahwa hampir 40 tahun lalu istilah daya saing belum dikenal. Sekarang, istilah itu menjadi semacam kata-kata yang paling banyak digunakan. Saat ini, istilah daya saing sudah dikenal luas: bukan saja menyentuh isu ekonomi, melainkan juga lebih lunak mempengaruhi sektor pendidikan serta sistem nilai.

Tujuan akhir daya saing adalah meningkatkan keseluruhan tingkat kemakmuran sebuah negara beserta masyarakatnya. Tingkat kemakmuran keseluruhan bangsa, dihasilkan dari interaksi tiga kekuatan. Daya saing manusia: difokuskan pada kesejahteraan personal. Daya saing perusahaan: difokuskan pada segi keuntungan. Daya saing bangsa: difokuskan pada kemakmuran terus-menerus.

Kita hidup dalam dunia yang mempunyai tekanan semakin besar untuk bersaing. Globalisasi dan dunia terbuka memiliki makna bahwa individu, perusahaan, dan bangsa dihadapkan pada lebih banyak pesaing dibanding masa-masa sebelumnya. Di sisi lain teknologi mendefinisi tentang makna kecepatan, mau tak mau saat ini kita semua bergerak dalam dunia yang serba seketika.

Daya saing mirip gravitasi, memengaruhi setiap orang. Daya saing tidak bisa dihindari, dan tak ada ruang bersembunyi pada dunia baru yang penuh tantangan ini. Satu-satunya jalan dan pilihan satu-satunya adalah memahami serta melakukan adaptasi dengan daya saing: apa arti daya saing, cara kerjanya, cara daya saing memengaruhi individu, perusahaan, dan bangsa.

Presentasi Aqua Dwipayana dalam "Seminar dan Motivasi" di dua lokasi berbeda, baik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang maupun di PLN WS2JB --Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu, memiliki pesan kuat. Dua-duanya menyasar generasi masa depan. Dua-duanya menyelipkan etika dan moral diantara definisi daya saing.

Di UIN, seminar diikuti mahasiswa baru. Generasi "Z" -generasi yang tengah gegap gempita diantara gaya hidup dan revolusi teknologi. Serba bisa, cenderung individual tetapi bersikap lebih terbuka. Mereka ini pada tahun-tahun mendatang digambarkan sebagai pemegang kepemimpinan.

Sedangkan di  PLN WS2JB --Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu pesertanya terbilang "kelas medium" -sedikit di atas generasi "Z", dimana saat ini mereka menduduki fungsi manajerial. Problem generasi ini terbilang unik. Dalam sesi sharing pengalaman, banyak ditemukan rasa percaya diri mereka masih rentan terhadap gosip. Generasi ini seolah-olah "memiliki" tiga macam pelanggan: ke atas punya beban kepada pimpinan, ke bawah sering menjadi "rasan-rasan", dan ke luar menghadapi konsumen nyata atau masyarakat.

Masa depan dan daya saing sudah terjadi, hanya belum didistribusikan dengan baik. Oleh karena itu, praktik motivasi dan komunikasi --seperti ajaran Aqua Dwipayana, diperlukan pembuatan prakiraan dan analisis tren atas budaya yang sedang hidup dan merangkak mewujudkan masa depan. Masa depan dan daya saing menjadi sesuatu yang dapat diandalkan, tetapi bukan sesuatu yang memaksa bertindak untung-untungan alias meraba-raba konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun