Mohon tunggu...
Arif Budi Setiawan
Arif Budi Setiawan Mohon Tunggu... M.Psi., Psikolog

Psikolog Klinis RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen | Psikolog Klinis Aplikasi Daring Alodokter http://s.id/telekonseling | Founder www.psikologklinis.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sehat Fisik = Tidak Ada Keluhan dari Tubuh, Sehat Psikis?

13 Juni 2021   17:28 Diperbarui: 13 Juni 2021   17:33 75 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sehat Fisik = Tidak Ada Keluhan dari Tubuh, Sehat Psikis?
Ilustrasi sejahtera psikis. Sumber gambar : id.pinterest.com

Sering kita merasakan tidak nyaman dalam tubuh kemudian kita menyebutnya sebagai kondisi sedang sakit. Sering juga kita merasakan kondisi badan yang nyaman dan tidak ada keluhan, kemudian kita menyebutnya kondisi yang sehat secara fisik. Berbeda ketika kita mengalami stres, cemas, atau tekanan psikologis atau tekanan perasaan lainnya. 

Kita tidak serta merta akan merasakan diri sedang sakit. Atau ketika kita bahagia dan sejahtera, kita tidak serta merta menyebutnya sebagai sehat secara psikis. Mengapa demikian? Tentu hal ini terjadi karena kondisi psikis tidak langsung dapat kita lihat atau rasakan dengan menggunakan indera.

Sedangkan pengertian sehat menurut WHO adalah kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan. Definisi tersebut mengindikasikan bahwa kondisi sehat tidak hanya kondisi sejahtera secara fisik saja, tapi juga psikologis, serta kondisi sosial. Kondisi sehat atau sejahtera secara psikis itu yang bagaimana? Mari kita bahas disini :

Mari kita sebut sehat psikis dengan sejahtera psikologis. Kesejahteraan psikologis menurut Winefield et al, 2012) merupakan perpaduan perasan bahagia, fungsi penuh kepribadian, dan kehidupan sosial secara positif. Bahagia dapat berarti bahwa kondisi tubuh memiliki energi untuk menghadapi tantangan sehari-hari, fungsi penuh kepribadian adalah kondisi perilaku yang adaptif bagi lingkungan, kehidupan sosial yang positif bisa berupa kondisi dimana kita menjadi lebih bermanfaat bagi lingkungan sosial di sekitar kita. Mirip dengan Winefield, Huppert mengungkapkan sejahtera psikologis merupakan kondisi perasaan senang, puas terhadap kehidupannya, memiliki kemampuan diri untuk menghadapi tantangan sehari-hari, keadaan mental yang sehat, serta berfungsi hidup dengan efektif.

Ilustrasi sejahtera psikis. Sumber gambar : id.pinterest.com
Ilustrasi sejahtera psikis. Sumber gambar : id.pinterest.com
Riff & SInger (2008) mengungkapkan orang yang sejahtera secara psikologis memiliki sikap yang positif terhadap dirinya dan orang lain, mampu mengambil keputusan, dan mampu mengatur perilakunya sendiri. Sikap positif terhadap diri sendiri dapat berarti bahwa memiliki sikap yang optimis, kepercayaan diri, keyakinan diri yang baik. Sikap positif kepada orang lain dapat berupa sikap percaya kepada orang lain, berinteraksi dengan orang lain, dan dapat berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sosial. Mampu mengambil keputusan adalah ciri orang yang berpikiran dewasa, mampu mengatasi permasalahan yang dihadapinya sehari-hari, dan mampu menimbang hal yang baik dan buruk bagi dirinya serta lingkungan. Mampu mengatur perilakunya sendiri adalah kondisi dimana mampu mempertimbangkan perilaku mana yang baik baginya dengan alasan yang baginya masuk akal sesuai dengan tingkat kedewasaannya.

Berbagai bagian dari kesejahteraan psikologis adalah :


1. Autonomy
Merupakan kondisi puas terhadap dirinya sendiri dan memiliki kebebasan dalam mengungkapkan pendapat. Orang yang memiliki autonomy yang baik akan menunjukkan ciri-ciri mampu menghadapi masalah dan gangguan, memiliki tekad, kemandirian, mampu menolak tekanan sosial, mampu mengatur perilakunya sendiri, serta mampu bertahan hidup dalam tantangan.


2. Environmental mastery
Yaitu memiliki kemampuan memilih atau membuat lingkungan sesuai dengan kondisinya. Orang yang memiliki penguasaan lingkungan ini terdapat ciri mampu mengelola dan mengontrol lingkungan sekitar, mampu mengembangkan diri secara kreatif, mampu mengontrol, mengembangkan, membangun lingkungan sekitar sesuai kebutuhannya.

Ilustrasi personal growth yang baik. Sumber : https://id.pinterest.com/pin/535576580695676400/
Ilustrasi personal growth yang baik. Sumber : https://id.pinterest.com/pin/535576580695676400/
3. Personal growth

Adalah kondisi seseorang yang memiliki keinginan untuk berkembang dan berfungsi secara penuh. Orang yang memiliki pertumbuhan pribadi yang baik memiliki ciri mampu mengembangkan potensi secara terus menerus, terbuka terhadap pengalaman baru, memperbaiki diri dengan pemahaman yang baik, melihat diri berkembang, menyadari potensi diri, melihat perbaikan diri dan perilaku sepanjang waktu.


4. Positive relations with others
Memiliki hubungan positif dengan orang lain. Cirinya adalah memiliki hubungan yang hangat kepada orang lain, membina hubungan berdasarkan kepercayaan, peduli, dan mampu menampilkan empati, afeksi, tak&give kepada orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x