Mohon tunggu...
arifah wulansari
arifah wulansari Mohon Tunggu...

Menulis untuk belajar. Kunjungi blog saya di www.arifahwulansari.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Agar Harbolnas Tak Berakhir Naas

26 Desember 2016   13:23 Diperbarui: 4 Januari 2017   17:05 0 0 0 Mohon Tunggu...
Agar Harbolnas Tak Berakhir Naas
koleksi pribadi

Saya adalah penyuka belanja online, karena dengan belanja online saya bisa lebih mudah mengatur waktu. Disela padatnya aktivitas, saya tetap bisa membeli barang kebutuhan dengan cara yang mudah, cepat dan praktis. Biasanya saya belanja online melalui e-commerce besar yang sudah punya nama, dan terkadang juga belanja di toko online yang ada di sosial media seperti di instagram. 

Namun saat hendak memutuskan belanja di toko online yang marak di sosial media biasanya saya harus memastikan dulu toko online itu terpercaya atau tidak. Ini saya lakukan karena saya pernah punya pengalaman kurang menyenangkan saat belanja online di sosial media. Antara barang yang terlihat di toko online dengan kenyataan berbeda jauh. Waktu itu saya pesan gamis, setelah dikirim ternyata bahannya tipis dan jahitannya kasar. Saat saya komplain dan minta pengembalian produk, penjualnya  beralasan bahwa barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan. Padahal mana saya tahu kalau barang aslinya ternyata tidak sesuai dengan gambar yang dipasang di toko online. Akhirnya gamis tersebut tidak pernah saya pakai karena tidak sesuai harapan.

ilustrasi : Kadang barang yang dipesan secara online berbeda dengan yang didapat. Sumber : FB Uangku Indonesia
ilustrasi : Kadang barang yang dipesan secara online berbeda dengan yang didapat. Sumber : FB Uangku Indonesia
Pengalaman buruk tersebut terjadi saat momen harbolnas tahun lalu. Harbolnas merupakan momen hari belanja online nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Desember. Perayaan ini dimulai sejak tahun 2012 dan masih berlangsung hingga sekarang. Saat harbolnas tiba biasanya banyak toko online yang memberikan diskon menarik. Sehingga sayapun tak mau ketinggalan memanfaatkan momen ini untuk berbelanja. Tujuan utamanya sih sebenarnya untuk refreshing, karena saat akhir tahun tiba biasanya jadwal kerja saya semakin padat dengan berbagai macam deadline. 

Mau ambil cuti liburan saja sangat sulit, sehingga momen harbolnas saya manfaatkan sebagai momen pengganti liburan untuk tetap menjaga kewarasan saya dalam bekerja. Tapi apesnya, saat harbolnas tahun lalu bukannya makin waras tapi saya malah jadi makin stress karena dapat barang yang jelek dan tak sesuai harapan. Menyesal dan kecewa banget rasanya. Harbolnas saya ternyata berakhir naas. Sejak saat itu saya benar-benar selektif saat memutuskan hendak belanja di toko online yang ada di sosial media.

Sumber gambar ilustrasi : bernas.com
Sumber gambar ilustrasi : bernas.com
Meski begitu, sejujurnya saya merasa lebih nyaman belanja di toko online instagram jika dibandingkan via e-commerce besar. Karena saat belanja di e-commerce besar itu tidak ada interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Kita hanya bisa klik tombol beli, bayar kemudian transfer.  Nggak bisa ngobrol atau tanya-tanya ke penjualnya apalagi minta tambahan diskon seperti saat belanja di sosial media.  Sayangnya saat belanja di sosial media itu susah dibedakan mana toko online yang terpercaya dan mana yang tidak.

Tapi bersyukur kini masalah tersebut sudah teratasi karena saat momen harbolnas tanggal 12 Desember 2016 yang lalu saya sudah menemukan solusinya. Jadi kemarin saya mencoba lagi untuk belanja baju di salah satu toko online  instagram. Nama toko onlinenya adalah DeeHijab. Saat sedang memilih koleksi baju yang dijual di toko online tersebut saya melihat ada promo cashback harbolnas jika melakukan pembayaran dengan menggunakan UANGKU. Awalnya saya tertarik dengan program promo cashback yang ditawarkan, kemudian saya langsung instal aplikasi UANGKU di smartphone saya untuk mempelajari lebih lanjut.

Aplikasi Uangku. Sumber :Fb Uangku Indonesia
Aplikasi Uangku. Sumber :Fb Uangku Indonesia
Ternyata aplikasi ini merupakan  sebuah mobile wallet yang dapat saya gunakan untuk membayar transaksi belanja online di sosial media. Dengan menggunakan UANGKU, transaksi pembayaran kita akan menjadi lebih aman. Jadi ini semacam rekening bersama atau rekening pihak ketiga yang dipakai untuk menampung dana transaksi jual beli online. Apabila transaksi gagal, uang masih aman di rekening bersama tersebut dan akan dikembalikan ke pembeli. UANGKU adalah rekening bersama model baru yang benar-benar jauh lebih istimewa jika dibandingkan dengan model rekening bersama yang pernah saya kenal. Berikut keistimewaannya :

1. Nomor rekeningnya menggunakan nomor ponsel milik kita sendiri sehingga mudah menghafalnya

2. Bebas biaya administrasi

3. Ada bonus promo cashback harbolnas jika kita bertransaksi dari tanggal 5-31 desember 2016 dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

4. Aplikasi ini memiliki fiture untuk transaksi lain seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, transfer antar pemilik rekening UANGKU, layanan penarikan tunai , layanan setor tunai dan pembayaran transaksi merchant

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x