Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hari Pahlawan 10 November 2019, Apa Karyaku Bagi Bangsa?

10 November 2019   10:47 Diperbarui: 10 November 2019   13:43 0 25 5 Mohon Tunggu...
Hari Pahlawan 10 November 2019, Apa Karyaku Bagi Bangsa?
Sumber Internet. Screenshot HP di FB memory saya. Dokumen pribadi

10  November 2019 diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan di Indonesia. Di kota Surabaya juga digelar acara untuk memperingati Hari Pahlawan. Nama acaranya Parade Juang 2019. Saya melihat video teatrikal Pertempuran 10 November 1945 di acara Parade Juang 2019 melalui Facebook Love Suroboyo. Anda juga bisa dengan mudah melihatnya di internet. 

Berikut ini saya sertakan video di youtube dari Tribunews Jatim, mengenai acara Parade Juang 2019 yang digelar di Surabaya kemarin, Sabtu, 9 November 2019. Pelaksanaan parade Juang ini diberangkatkan dari area Tugu Pahlawan sampai menuju Taman Bungkul sebagai area tujuan akhir. Silakan disimak videonya.


Saya biasanya memutarkan video perjuangan berkaitan dengan hari Pahlawan pada murid-murid saya. Mereka sangat antusias melihat video tersebut. Tentu saja dengan penjelasan dari saya mengenai apa itu Hari Pahlawan. Saya harus jujur, setiap kali melihat video perjuangan 10 November bersama murid-murid saya di sekolah ada haru mendalam yang membuat saya menitikkan air mata.

Betapa kemerdekaan yang saya bisa nikmati hari ini sangat mahal hargaanya. Jasa-jasa para Pahlawan tak bisa tergantikan. Mereka sudah rela berkorban bagi bangsa dan negaranya tercinta. 

Saya sempat mengumpulkan aneka quote atau kata-kata bijak pemberi semangat dari beberapa Pahlawan. Sekitar datubtahun yang lalu dari berbagai sumber di Internet. Lalu saya menuliskan quote tersebut sebagai status WA saya. Kemudian saya edit melalui tangkapan layar HP saya dan saya unggah di media sosial saya, facebook. Setahun kemudian, hari ini, semua unggahan saya muncul kembali sebagai FB memory. Saya ingin bagukan pada Anda sekalian. Semoga berguna. 

Berikut ini kata-kata bijak/quote dari Pahlawan Indonesia.

Quote 1 dari Ibu R.A Kartini. Picture Edited by Ari. Dokumen pribadi
Quote 1 dari Ibu R.A Kartini. Picture Edited by Ari. Dokumen pribadi
1. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri (R.A Kartini)

Quote 2 dari Bung Hatta. Picture Edited by Ari. Dokumen pribadi
Quote 2 dari Bung Hatta. Picture Edited by Ari. Dokumen pribadi

2  Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan untuk dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita (Bung Hatta)

Quote 3 dari Ibu R.A Kartini. Picture Edited by Ari. Dokumen pribadi
Quote 3 dari Ibu R.A Kartini. Picture Edited by Ari. Dokumen pribadi
3. Dengan Ilmu kita menuju kemuliaan (Ki Hajar Dewantara)

Quote 4 dari Bung Karno. Edited by Ari. Dokumen pribadi
Quote 4 dari Bung Karno. Edited by Ari. Dokumen pribadi
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya (Bung Karno)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3