Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, memdongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Selamat Hari Media Sosial, Mari Bermedsos dengan Bijak

10 Juni 2019   22:56 Diperbarui: 11 Juni 2019   17:16 0 19 2 Mohon Tunggu...
Selamat Hari Media Sosial, Mari Bermedsos dengan Bijak
Hari Media Sosial di Indonesia, 10 Juni 2019

Berawal dari membaca artikel tulisan mas Hendra Setiawan berikut: Yuk Menjadi Pewarta Kabar Baik, saya jadi diingatkan lagi kalau 10 Juni bersama-sama diperingati sebagai Hari Media Sosial di Indonesia.

Mengapa perlu ada peringatan tersebut, apa pentingnya? Sudah diulas secara jelas dalam artikel di atas. Silakan dibaca ya. Tulisan saya kali ini justru ingin membagikan kisah saya pribadi dalam bermedsos. 

Ilustrasi yang saya gunakan dalam artikel ini adalah beragam jenis media sosial yang banyak dipakai secara umum. Termasuk tempat saya menuangkan tulisan ini, juga bagian media sosial. 

Mulailah dari facebook. Saya masih ingat, pertama kali saya membuat akun FB saat saya bekerja di Purwokerto. Pertama kalinya saya terhubung dengan banyak kawan lama. Bukan hanya itu, di FB ini saya sempat berjualan secara online. Saya sempat mempunyai "page on facebook" sampai 3 berjudul: Floristari Collection, Anekainari Collection, dan Floweristari Collection. Mau tahu tentang apa saja? Silakan cek di FB ya. 

FB pages belong to Ari Budiyanti
FB pages belong to Ari Budiyanti
Ada tiga ya, sebelumnya malah 4, satu lagi sudah saya hapus. FB juga tempat saya merekomendasikan buku-buku bagus koleksi saya pribadi. Semua buka yang sempat terfoto, saya jadikan satu dalam album ABy Online Library.

Bukan hanya FB yang saya gunakan, blogspot juga saya pakai untuk berjualan produk secara on line dan memasang aneka tulisan saya, baik puisi, narasi singkat sederhana, dan juga aneka foto bunga koleksi saya. Silakan cek pula ya blog punya saya.

Blog yang saya kelola. Dokumen pribadi
Blog yang saya kelola. Dokumen pribadi
Mau tahu detailnya, klik saja di alamat link di atas ya. Aih, saya ternyata punya 5 blog. 

Foto-foto bunga koleksi saya tidak hanya dipajang di blog. Facebook saya juga digunakan untuk itu, di salah satu page nya berjudul Floristari Collection. Dan saya pun punya flickr yang mengemas aneka foto bunga pula. 

Tidak cukup FB page, blogspot  dan Flickr untuk menyimpan koleksi bunga saya. Sesekali pun saya menggunakan instagram untuk menyimpan koleksi aneka foto bunga saya. 

Penggemar bunga seperti saya, sangat suka mengabadikan keindahan bunga apapun yang saya lihat. Entahkah itu bunga hias ataupun bunga liar. Semua foto ada tersimpan dengan baik.

Medsos lainnya adalah skype. Saya sempat menggunakannya untuk bercakap-cakap dengan beberapa kenalan via on line. Beberapa teman masih berelasi baik dengan saya. Bahkan saya pernah berjam-jam ngobrol via skype dengan teman saya. Pastinya dalam bahasa Inggris. Karena kenalan saya dari mancanegara. Hitung-hitung sambil belajar bahasa Inggris. 

Dari Sype saya lanjut ke BBM dan Whatshapp. Baiklah, BBM memang sudah berpamitan pada kita per 31 Mei 2019 lalu. Sedih, iya. Karena BBM sempat sangat berjasa buat saya. Melalui BBM group saya dipertemukan dengan rekan-rekan alumni Kampus yang suka belajar dan diskusi bersama. Kami sungguh melakukannya di group BBM. Setelah BBM say goodbye, diskusi berlanjut di group WA. Masih terus berlanjut sampai sekarang. 

Saya menggunakan media sosial di atas untuk tujuan kebaikan. Iya, setidaknya itu yang saya usahakan. Jika memang ada orang-orang yang masih tidak menyukainya, berpikir negatif pada keaktifan saya bermedsos, itu sudah di luar kendali saya. Setiap orang berhak merespon sesuai yang dianggapnya baik. Silakan saja. 

Tapi, tidak sedikit yang merasa diberkati dengan berbagai hal yang saya bagikan lewat media sosial. Contoh paling dekat adalah tulisan-tulisan saya di Kompasiana. Banyak orang yang merasa diberkati dengan kisah-kisah yang saya tulis di sini. Mulai dari puisi, cerpen, kisah traveling, berkebun, dan lain-lain.

Jadi, bukan seberapa banyak macam media sosial yang kita gunakan, tapi seberapa banyak kebaikan dan inspirasi kita tebarkan melalui media sosial tersebut.

Akun You Tube, Tweeter, Line, dan linkedin yang saya miliki pun saya gunakan  sebisa mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat. Waktu luang saya untuk bermedsos pun tidak.menganggu aktivitas utama saya dalam pekerjaan dan relasi dengan keluarga. 

Perlu bijaksana dan disiplin pada diri sendiri untuk memggunakan media sosial secara baik. Bagaimana kisah Anda dalam bermedsos? Boleh dibagikan ya, mumpung bertepatan hari Media Sosial, iya hari ini 10 Juni 2019. 

Bagi semua pembaca dan rekan-rekan Kompasianer, Selamat Hari Media Sosial 10 Juni 2019. 

Mari kita tebarkan Kebaikan dalam bermedsos. 

Salam hangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2