Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Buku-Buku Itu, Mereka "Sahabat" Karibku

18 Mei 2019   00:05 Diperbarui: 18 Mei 2019   09:06 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kunjungan ke perpustakaan nasional di Jakarta. Dokumen pribadi

Perpustakaan, salah satu tempat favorit saya. Tempat di mana berlimpah buku-buku yang bisa dibaca dengan gratis. Menjafi anggota perpustakaan, pernah pastinya. Beberapa kali. Waktu di Surabaya, tempat kerja saya bersebelahan dengan perpustakaan dan juga toko buku. Saya sering meminjam buku di sana. 

Sudut favorit di perpustakaan sekolah. Photo by Ari
Sudut favorit di perpustakaan sekolah. Photo by Ari
Di sekolah tempat saya sekarang mengajar pun ada perpustakaan yang sering saya kunjungi. Menjadi satu sudut favorit saya saat hendak berburu buku untuk tambahan materi pelajaran siswa di kelas saya. Pun saat saya mempersiapkan materi untuk acara "bookweek" di sekolah. Saya bisa berlama-lama saja di sana.

Melahap seri ensiklopedia anak. Koleksi perpustakaan sekolah. Photo by Ari
Melahap seri ensiklopedia anak. Koleksi perpustakaan sekolah. Photo by Ari
Seri buku Ensiklopedi Negriku menjadi bacaan saya saat mempersiapkan bookweek tema kebudayaan baik Indonesia maupun negara-negara lain. 

Buku penunjang lainnya untuk persiapan bookweek sekolah. Photo by Ari
Buku penunjang lainnya untuk persiapan bookweek sekolah. Photo by Ari
Memang buku-buku di atas tergolong bacaan yang mudah dipahami karena dinkemas dengan bahasa sederhana untuk konsumsi anak-anak. Menarik juga membaca-baca buku di atas. Anak-anak jadi tertarik dan ingin meminjam buku-buku tersebut dari perpustakaan. Iya memang itu harapannya saat ada  program bookweek. Agar anak-anak semakin dekat dengan dunia literasi.

Bacaan ringan saya di saat weekend. Pinjam perpustakaan sekolah. Photo by Ari
Bacaan ringan saya di saat weekend. Pinjam perpustakaan sekolah. Photo by Ari
Saya juga pernah meminjam beberapa buku dari perpustakaan sekolah untuk bacaan saya saat liburan Sabtu dan Minggu. Buku-buku kisah klasik anak. 

Bukan itu saja. Saya juga pernah mengunjungi perpustakaan Nasional di Jakarta. Sendirian saja ke sana. Lalu saya juga mengunjungi perpustakaan LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) yang tidak jauh dari sana. Masih satu area. Semuanya saya tempuh dengan kendaraan umum favorit, Trans Jakarta.

Saya di perpustakaan LAI Jakarta. Photo by Ari
Saya di perpustakaan LAI Jakarta. Photo by Ari
Saya sempat jadi member/anggota di perpustakaan LAI tapi karena letaknya jauh dari tempat saya tinggal, saya jarang mengunjunginya. 

Dalam kisah yang lainnya, saat saya dan Ibu mengunjungi Jogjakarta di kawasan Marlioboro, kami menyempatkan mengunjungi perpustakaan di area Marlioboro. 

Perpustakaan di Jogjakarta. Photo by Ari
Perpustakaan di Jogjakarta. Photo by Ari
Ibu saya suka baca sejak masa muda beliau. Di perpustakaan ini pun Ibu menyempatkan baca-baca buku sejenak. Tempatnya dingin. Enak untuk membaca. Ada ruangan-ruangan khusus yang disediakan jika pengunjung datang bersama teman-temannya untuk berdiskusi.

Ibu membaca buku di perpustakaan Jogjakarta. Photo by Ari
Ibu membaca buku di perpustakaan Jogjakarta. Photo by Ari
 Meskipun hanya mengunjungi sejenak, tapi cukup menghibur bagi penggemar buku seperti kami.

Perpustakaan Jogjakarta di kawasan Marlioboro. Photo by Ari
Perpustakaan Jogjakarta di kawasan Marlioboro. Photo by Ari
Ruangan yang cukup memadai untuk mengajak sebanyak-banyaknya teman mengunjungi perpustakaan ini. Ayok rekan-rekan yang di Jogjakarta, bisa sdatang sejenak sebelum menikmati Marlioboro. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun