Mohon tunggu...
Ari Prasetyo
Ari Prasetyo Mohon Tunggu... Seorang manusia yang ingin sederhana dalam hidup

Suka sekali menulis berita teknologi, keuangan, bisnis, otomotif

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Mau Ajukan Pinjaman KUR BCA? Baca Informasi Ini Dulu

27 Maret 2020   19:30 Diperbarui: 27 Maret 2020   19:47 373 0 0 Mohon Tunggu...

Pinjaman Bank memang menjadi solusi tepat ketika menghadapi krisis ekonomi. Banyak Bank di Indonesia memberikan program kredit baik untuk perseorangan maupun perusahaan. BCA merupakan salah satu penyalur rkedit yang sudah dipercaya kredibilitasnya.

BCA memberikan berbagai jenis pinjaman, produk yang paling banyak diambil adakan KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Bersama dengan Bank lainnya KUR diberikan sebagai bentuk pembiayaan modal usaha mikro maupun kecil dan menengah (UMKM).

UMKM mendapatkan bantuan untuk mengembangkan segi usahanya menggunakan kredit bantuan dari BCA. Tentunya bantuan pinjaman ini mampu meningkatkan sisi ekonomi pemilik usaha. KUR mampu meningkatkan potensi keuntungan sehingga pengusaha dapat mengembalikan pinjaman.

Pinjaman modal usaha dari KUR memiliki nilai sampai dengan Rp. 100.000.000. Disamping itu tidak ada jaminan sehingga pengusaha kecilpun dapat mengajukan pinjaman. Yang pasti usaha yang dijalankan haruslah nyata atau tidak fiktif.

Tak hanya ditujukan untuk pengusaha, KUR BCA juga dapat diajukan oleh calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri. Dengan bantuan KUR secara otomatis biaya keberangkatan akan ditanggung dan pelunasanya sesuai kesepakatan mengacu pada kontrak kerja. Selain itu para seller atau penjual di Marketplace Lazada juga bisa mengajukan KUR BCA seperti yang diberitakan oleh Kompas.

Pengusaha haruslah aktif dalam bidang usaha dan memiliki waktu berjalan selama minimum 6 bulan. Dengan KUR BCA maka pengusaha akan melebarkan usahanya demi tujuan perluasan pasar. Agar bisa memperoleh pinjaman KUR BCA maka ada beberapa syarat yang wajib anda penuhi.

Syarat KUR BCA

  • Memiliki KTP.
  • Memberikan Kartu Keluarga (KK).
  • Memiliki surat ijin usaha.
  • Memiliki kontrak untuk TKI.
  • Proposal atau laporan keuangan usaha.
  • Apabila pinjaman diatas Rp. 50.000.000 maka wajib memberikan NPWP.
  • Tidak menerima kredit yang sama dari Bank lain.
  • Riwayat kredit lancar dari Bank Indonesia.
  • Memiliki usaha yang akitf minimal 6 bulan.
  • Usia minimal pengajuan 21 tahun dan maksimal pelunasan 60 tahun.
  • Tidak diblacklist Bank Indonesia

Tabel KUR BCA Terbaru

Ada beberapa pokok penting saat pengajuan KUR BCA, plafon dana maksimal adalah Rp. 100.000.000 dengan minimal Rp. 5.000.000. Jangka waktu pinjamnya mulai 12, 18, 24, 30 dan 36 bulan.

Dapat dikatakan bunga KUR BCA saat ini sama dengan Bank lain yaitu 7% tiap tahunnya. Namun perlu diperhatikan apabila memiliki pinjaman diatas Rp. 25.000.000 maka wajib menyertakan jaminan. Dapat berupa sertifikat tanah, bangunan, rumah maupun BPKP kendaraan.

Untuk KUR Mikro maksimal pinjaman adalah Rp. 25.000.000 tanpa perlu memberikan jaminan. Namun untuk KUR kecil wajib memberikan jaminan. KUR memang mementingkan peminjam yang belum dapat mengakses pinjaman Bank dalam jumlah besar.

Agar dapat memperoleh KUR BCA maka semua syarat haruslah lengkap, selain itu jika plafon dana besar maka buatlah proposal dilengkapi laporan keuangan. Pihak Bank BCA akan membantu pengajuan anda sampai layak diterima.

VIDEO PILIHAN