Mohon tunggu...
Argo Beba Putra
Argo Beba Putra Mohon Tunggu... Jadilah diri sendiri agar hidup menjadi lebih terarah, sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik, serta selalu lah bersikap rendah hati, karena rendah hati akan dapat mengatasi sifat takabur

Alam Takambang Jadi Guru

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Memaksimalkan Ibadah Puasa di Akhir-skhir Waktunya

22 Mei 2020   05:08 Diperbarui: 10 Juni 2020   01:00 57 2 0 Mohon Tunggu...

Hello, sahabat kompasiana semua. Bagiamanakah kabarnya saat ini? Semoga dalam kesehatan terus ya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi kita semua yang menjalankan.
Kembali lagi bertemu dengan saya pada kesempatan kali ini.

Meskipun puasa tinggal satu hari lagi, namun kita tetap semangat terus ya dalam puasanya. Sebelumnya mimin mau mengucapkan Minal Aidzin wal Faidzin , Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Ok, kita lanjut ya guys.

Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk menulis artikel. Judul yang saya ambil judul yaitu "Memaksimalkan Ibadah Puasa di Akhir-Akhir Waktu".Saya sengaja mengambil judul ini dikarenakan seperti yang kita lihat saat ini, meskipun bulan Ramadhan yang penuh berkah ini sebentar lagi akan meninggalkan kita, namun kita setidaknya dapat memaksimalkannya di akhir-akhir in. Dibalik semua itu, kita juga di uji dengan sebuah wabah yang mematikan. Bisa kita katakan bahwa pandemi ini merupakan suatu ujian tambahan yang harus kita hadapi di balik ujian yang paling dahsyat yaitu melawam hawa nafsu sendiri. Namun, kita sebagai umat Muslim sudah seharusnya untuk selalu berfikir postif terhadap kejadian yang kita alami, karena dengan selalu berfikir positif, hidup akan semakin tenang. Boleh jadi, di balik semua itu terdapat hikmah yang sangat dalam dimana kita tidak mengetahui nya.
So, tetap semangat ya guys menjalankan ibadah puasanya meskipun dirumah saja.

Selain itu, tips agar kita dapat melalui dengan sempurna, maka kita bisa melakukan hal-hal berikut :
1. Niat
Dalam hal niat, inilah yang sangat berpengaruh terhadap tindakan yang akan kita lakukan. Jika kita memiliki niat yang baik, maka kita akan berusaha untuk melaksanakan niat tersebut dalam suatu tindakan yang disukai oleh orang banyak. Contoh dari niat yang lain yaitu, apabila kita hendak berpuasa, maka niatkan lah karena Allah, karena apapun yang ada di bumi ini semuanya akan kembali kepada Allah.
Oleh karena itu, hendaknya kita senantiasa menanamkan niat yang lurus dalam bertindak sesuatu agar hidup menjadi bahagia.

2. Sabar
Dalam Islam, sabar merupakan suatu keadaan menahan amarah terhadap hal buruk yang kita terima. Namun, disisi lain, sabar juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan seseorang, dimana tetap selalu menjaga emosional yang timbul akibat suatu peristiwa yang tidak menyenangkan.
Dalam konteks ini, sabar sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik seseorang. Oleh karena itu, dengan kita selalu bersabar, maka kondisi fisik kita Insyaa allah selalu dalam keadaan sehat, dikarenakan tidak adanya tekanan pada tubuh kita.
Jadi, pesan mimin tetap selalu sabar dalam menghadapi semuanya ya guys....

3. Istiqamah
Istiqamah artinya selalu konstan terhadap ibadah yang dilakukan. Dalam artian, ibadah yang dilakukan selalu tetap seperti biasanya tanpa ada perubahan, kecuali terdapat hal-hal yang menghalanginya. Istiqamah juga dapat membuat hati menjadi tentram.
Semoga kita selalu istiqamah dalam beribadah kepada Allah, sehingga Insyaa allah kita akan 

dapat ridha dari-Nya. Aamiin yaa rabbal 'aalamiin

Itulah sedikit artikel dari saya. Tetap lah konsisten dalam beribadah walaupun dilaksanakan dirumah saja. Jangan lah jadikan Corona sebagai penghalang untuk berbuat kebaikan. Sebagaimana di era digital ini, dimana seluruh aktivitas dapat dilakukan melalui jaringan online saja. Oleh karena itu, setidaknya kita dapat memanfaatkan kemajuan zaman ini sebagai media penyebar dakwah, dan perbuatan baik lainnya, sehingga walaupun kita tetap dirumah saja, namun Insyaa allah pahala jariyah kita tetap mengalir hingga yaumil akhir kelak. Aamiin....

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x