Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Bagaimana Cara Memilih Media Promosi yang Tepat?

28 Maret 2023   14:34 Diperbarui: 28 Maret 2023   14:41 737
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagaimana Cara Memilih Media Promosi Yang Tepat?

Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh Rahmat, maka di bulan ini banyak sekali bermunculan para produsen- produsen baru dari berbagai dagangan/ jasa yang di tawarkan.

Para pedagang pemula melakukan penawarannya dengan berbagai cara, jadi sebagai pemula yang ikut meramaikan suasana perdagangan, maka sebaiknya pada pemasaran atau produsen melakukan langkah-langkah yang perlu di lakukan untuk memastikan ksesuksan dan kuntungan yang akan di raihnya

Jadi harus lah memilih langkah promosi yang maksimal

Langkah Pertama, Tentukan tujuan promosinya

Sobat, sebelum memilih media promosi, pastikan untuk menentukan tujuan promosi nya terlebih dahulu.

Apakah tujuannya untuk meningkatkan kesadaran merek, memperluas pasar target, meningkatkan penjualan, atau tujuan lainnya?

Langkah Kedua, Kenali pasar targetnya

Setelah menentukan tujuan promosi, sobat  harus memahami pasar target nya.

Siapa orangnya ?  apa yang orang itu butuhkan, dan di mana orang-orang biasanya mencari informasi?

Langkah Ke tiga, Evaluasi media yang tersedia

Sobat, Ada banyak jenis media promosi yang tersedia, seperti televisi, radio, media cetak, online, billboard, dan lain-lain.

Evaluasi masing-masing media tersebut dan cari tahu manfaat dan kelemahannya.

Langkah Keempat, Sesuaikan media dengan target pasar

Pilih media yang paling sesuai dengan target pasar dari sobat. Misalnya, jika target pasar nya adalah kaum muda, media sosial mungkin lebih cocok daripada iklan di media online

Langkah kelima, Pertimbangkan anggarannya

Jadi Langkah kelima, pastikan untuk mempertimbangkan anggaran. Maka pedagang atau penjual ketika memilih media promosi haruslah mempertimbangkan Budget.

Beberapa jenis media promosi mungkin lebih mahal daripada yang lain, jadi pastikan untuk memilih media yang sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, sobat produsen dapat memilih media promosi yang tepat untuk tujuan promosi nya dan pasar sesuai target konsumen. Dan laris manis.....

Penulis : Arfiani Yulianti Fiyul
Cimahi, 28 Maret 2023

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun