ARIAN FAZA
ARIAN FAZA

Penulis di Blog ARFAUTO MEDIA

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Ketahui Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi

30 Oktober 2017   16:27 Diperbarui: 30 Oktober 2017   16:56 2148 1 0
Ketahui Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi
Sumber: blog.belionderdil.co.id

Klakson adalah suatu alat atau sistem  pada mobil yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pengendara lain di jalan.Jika klakson mobil bermasalah atau mati akibatnya akan sangat berbahaya,karena komunikasi dengan pengendara lain jadi terhambat.

Misalnya saja saat kita sedang melaju dengan kecepatan tinggi di jalan raya,ada pengendara lain yang akan memotong jalur dengan klakson akan sangat mudah memperingatkan pengendara yang akan memotong jalur tersebut.

#Jenis klakson yang adadi pasaran

Ada 2 macam jenis klakson untuk mobil yaitu klakson piringan(disk) dan klakson keong.klakson berbentuk bundar atau piringan biasanya mengeluarkan bunyi.yang nyaring,sedangkan untuk klakson keong bunyinya agak lembut dan low.

#Mengenali penyebab klakson tidak berfungsi

*Bila tombol klakson yang berada pada stir mobil ditekan,relay mengeluarkan bunyi tik tik tapi klakson tetap tidak bersuara  maka sudah di pastikan horn klakson mati atau bermasalah pada kabelnya dan juga kemungkinan relay rusak.

Untuk cara mengetahuinya kita tes pakai tespen jika arus positif dan negatif ada,maka horn klaskson pasti rusak atau mati.Dan ini klakson harus diganti dengan yang baru.

Jika arus positif tidak keluar maka masalahnya mungkin pada relay.Coba kita bongkar dan bersihkan kerak-kerak yang menempel pada relay.Apabila setelah di bersihkan tetap tidak keluar arusnya coba ganti relaynya.

*Bila tombol klakson di pencet tapi relay tidak mengeluarkan bunyi kemungkinan besar Fuse atau sekering putus.Bisa  juga di sebabkan  kawat kumparan relay putus.

Coba ganti Fuse yang baru jika memang putus,bilan lilitan kumparan relaynya yang putus ganti dengan relay yang baru.

*Bila klakson kadang-kadang bunyi dan kadang-kadang tidak saat stir di belokan atau diputar kemungkina masalah ada pada bearing pada steering colum.Masalah ini biasanya karena kerak atau karat yang menempel pada bagian bearing.

Semprotkan cairan anti karat untuk membersihkanya.Selain itu permukaan piringan yang tidak rata karena aus akibat gesekan terus -menerus juga bisa menyebabkan masalah seperti di atas.

Putusnya kabel fleksibel juga bisa menyebabkan masalah tadi.Ini berlaku untuk mobil yang setirnya sudah ada tombol navigasinya.

Itulah sedikit gambaran tentang masalah yang terjadi pada klakson mobil,semoga bermanfaat bagi anda.

Catatan:Jika anda tidak nampu untuk menangani sendiri semua masalah di atas sebaiknya bawa ke bengkel yang biasa menanganinya.