Mohon tunggu...
Ardy Milik
Ardy Milik Mohon Tunggu... akrabi ruang dan waktu

KampungNTT (Komunitas Penulis Kompasiana Kupang-NTT)

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Lika-liku Kerja Sampingan

5 Mei 2021   15:36 Diperbarui: 6 Mei 2021   03:49 528 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lika-liku Kerja Sampingan
Ilustrasi kerja sampingan.| Sumber: SHUTTERSTOCK/Beeboys via Kompas.com

Apa yang didapat dari kerja sampingan?

Kerja sampingan sekarang bukan lagi sekadar kerja hanya memenuhi kebutuhan sampingan atau remeh-temeh. 

Kerja sampingan kini, dapat menjadi kerja utama, yang mendatangkan penghasilan maksimum bagi yang mampu bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mendatangkan penghasilan bagi dirinya sendiri dan juga bagi orang yang hendak bekerja sama dengannya.

Usaha untuk mencapai hidup yang lebih baik, hanya mungkin dengan terus melihat peluang yang ada untuk terus bekerja, menjadikan peluang-peluang tersebut sebagai jalan menuju penghidupan yang lebih baik. 

Dengan terus bekerja mengusahakan kehidupan yang lebih baik, seorang menyatakan dirinya sebagai manusia yang manusia.

Manusia hanya mampu menjadi manusia ketika dia bekerja dengan baik dan benar. Menjadikan pekerjaan yang ditempuhnya sebagai jalan untuk membebaskannya dari kemelaratan, atau pun kemiskinan. Kerja pun adalah bentuk pernyataan diri manusia yang menjadikannya dikenal sebagai siapa dalam bekerja.

Dengan segala anugerah yang telah diberikan kepada manusia. Kemampuan akal budi, indra yang mencukupi, seseorang harusnya mampu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, tanpa berharap pada sesama yang lain, menumpang atau sampai menguras kebaikan sesama yang lain.

Apa itu kerja sampingan? 

Kerja sampingan adalah salah satu bentuk kerja di luar kerja utama. Kerja sampingan ini umumnya demi memenuhi kebutuhan yang kian meningkat karena pekerjaan utama tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang kian menumpuk. 

Kerja sampingan merupakan bentuk kerja yang lain, yang penting bagi seseorang yang hendak menambah penghasilan dengan tidak mengorbankan pekerjaan utamanya.

Kerja sampingan penting untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang terus menumpuk hari demi hari, dari kerja sampingan seseorang mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN