Mohon tunggu...
Ardy Firmansyah
Ardy Firmansyah Mohon Tunggu... Pemikir Bukan Praktisi

Penasaran, sedikit ide, naif dan polos | Masih menyukai Drakor, Anime, J-Pop dan K-Pop | Tertarik dengan Psikologi | Lagi belajar nulis di Kompasiana | Psikologi Universitas Negeri Malang 2015

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Membedah Persona Rigen Rakelna yang Hobinya "Marah-Marah" Mulu

23 Mei 2020   05:45 Diperbarui: 23 Mei 2020   06:03 65 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membedah Persona Rigen Rakelna yang Hobinya "Marah-Marah" Mulu
Rigen Rakelna, Stand Up Comedian yang Hobinya Marah-Marah (Sumber : Instagram Pribadi Rigen, @rigensih) 

Mungkin bagi orang awam yang sering menonton channel Deddy Corbuzier dan bukan penggemar Stand Up Comedy, pasti heran dan asing dengan nama Rigen Rakelna.

"Ini orang siapa sih, sering muncul? Marah-marah terus juga."

Rigen adalah juara Stand Up Comedy Season 5. Akhir-akhir ini ia sering tampil bersama Deddy Corbuzier di acara Hitam Putih dan Podcast #CloseTheDoor. Persona yang emosian dan suka bentak-bentak ini menjadi ciri khas dari Rigen di setiap penampilannya.

Tapi ada yang suka dan tidak suka dengan karakter dari Rigen. Wajarlah kalau memang seperti itu, komedi adalah selera dan preferensi. Namun dengan sifat dan karakter tersebut, persona Rigen yang suka "Marah-Marah" malah semakin kuat dan solid di mata para penggemar dan juga penonton, dan sering dinantikan setiap ia muncul dalam sebuah acara.

"Wah mau marah nih. Ayo marah lagi bang. "

Label suka "Marah-Marah" yang sudah menempel dalam persona Rigen sebagai seorang komedian dan TV personality, menjadi hal yang menarik bagi penonton. Entah kenapa orang yang suka marah-marah bisa menjadi tontonan yang lucu bagi sebagian orang.

Meski begitu, kira-kira apa saja ya yang membentuk persona "Marah-Marah" Rigen ini semakin kuat dan menjadi ciri khasnya di mata penonton dan penggemarnya?


Sifat yang Mudah Tersulut Emosi dan Intonasi yang Terkesan Membentak

"Marah-marahnya gue setelah gue coba telusuri, bukan marah-marah. Tapi ngomong agak ngegas doang." Pada Stand Up Comedy Komedi Klasik, Khong Guan Biscuits Indonesia


Nada bicara Rigen yang terkesan membentak memang menjadi perhatian para penonton. Penonton akan merasa apapun respon Rigen terhadap suatu hal, jika nada atau intonasinya agak tinggi, sudah terkesan marah.

Apalagi jika Rigen berhadapan dengan situasi yang tidak sesuai dengan ekspetasinya. Hal ini membuat Rigen kesal dan cenderung emosi. Dengan gaya bicara yang agak "ngegas" orang disekitarnya akan menganggap Rigen sedang marah-marah.

Kesal sedikit yang dianggap marah-marah serta intonasi dan nada bicara yang terkesan "ngegas" menjadi bahan atau kesempatan bagi orang-orang disekitarnya. Kesempatan untuk membuat Rigen kesal dan marah.

Dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana dan menunggu respon dari Rigen untuk menyikapi serta menjawab dengan emosi, telah menjadi konten dan penampilan yang sering ditunjukkan di media.

Namun seringkali Rigen memang terjebak oleh ucapannya sendiri. Atau bisa juga memang dijebak oleh lawan bicaranya. Hal ini menjadi salah satu ciri khas dari Rigen, sehingga persona "Marah-Marah" menempel pada dirinya.


"Terjebak" dengan Ucapannya Sendiri

"Maksud gue bukan itu!" Kalimat semacam itu yang sering di ucapkan Rigen di Podcast Deddy Corbuzier, #CloseTheDoor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x