Mohon tunggu...
Ardy Firmansyah
Ardy Firmansyah Mohon Tunggu... Pemikir Bukan Praktisi

Penasaran, sedikit ide, naif dan polos | Masih menyukai Drakor, Anime, J-Pop dan K-Pop | Tertarik dengan Psikologi | Lagi belajar nulis di Kompasiana | Psikologi Universitas Negeri Malang 2015

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Menyoal Lagi Karakter Jo Yi Seo di Itaewon Class, dari Sosiopat Jadi "Budak Cinta"

2 April 2020   01:40 Diperbarui: 5 April 2020   02:50 1047 19 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal Lagi Karakter Jo Yi Seo di Itaewon Class, dari Sosiopat Jadi "Budak Cinta"
Medium.com/JTBC

So sweetnya drama Itaewon Class memberikan pengalaman manis bagi para penonton series ini.

Terlepas dari scene-scene yang gak masuk akal dan bertele-tele di dua episode terakhir, drama ini menceritakan perjuangan cinta Jo Yi Seo kepada Park Saeroyi yang akhirnya tidak bertepuk sebelah tangan. Hmm jadi kasian Geun Soo dan Soo Ah.

Sifat dan karakter dari Jo Yi Seo jangan ditanya lagi dah. Sepanjang series ini berjalan, memang dia sosiopat berhati manis yang perhatiannya cuma sama Park Saeroyi. Baru pertama kali karakter sosiopat kayak gini, biasanya bunuh-bunuhan, eh ini malah tergila-gila cinta.

Bagi yang belum tau cerita dari drama ini, Itaewon Class adalah drama tentang Park Saeroyi yang sedang membangun bisnis kedai bernama DanBam. Tujuannya adalah balas dendam kepada Perusahaan Jangga, Presdir Jang Da Hee dan Jang Geun Kwon yang telah membuat hidupnya menderita.

Sepanjang perjalanan Park Saeroyi, Yi Seo banyak membantunya. Bahkan siapapun yang menghalangi Park Saeroyi akan dihancurkan.

Kecenderungan sosiopat Jo Yi Seo sudah diperlihatkan sejak awal-awal episode. Sejak masa sekolah saja, ia sudah diagnosis memiliki kecenderungan sosiopat.

Awalnya memang karena ia kompetitif dan menghalalkan semua cara agar bisa mendapatkan apa yang ia inginkan. Terutama saat kalah sepersekian detik ketika bersaing di lomba lari, Yi Seo menjatuhkan orang yang berada di depannya dengan sengaja, agar menjadi juara satu.

Tetapi gejala lain juga muncul seperti manipulatif, kurang empati, agresif, suka menyinggung, cenderung narisistik, dan penuh trik dan tipu daya.

Baca sebelumnya : Menyoal Karakter "Sociopath" Jo Yi Seo di Drama Itaewon Class

Apalagi jika melihat kembali Jo Yi Seo yang menipu dan menjebak Jang Geun Won untuk secara tidak langsung mengakui perbuatan jahatnya terhadap Saeroyi. Jang Geun Won mengakui kalau ia membunuh ayah dari Saeroyi dan memanipulasi kasus tersebut.

Jo Yi Seo pun merekamnya secara diam-diam, dan file rekaman tersebut disebarkan di akun media sosialnya.  Sehingga saham Perusahaan Jang menurun drastis dan mengalami kerugian. Dan benar, Jang Geun Won akhirnya dipenjara berkat aksi dari Jo Yi Seo.

Jo Yi Seo menjebak Jang Geun Won, dramabeans/JTBC
Jo Yi Seo menjebak Jang Geun Won, dramabeans/JTBC

Jo Yi Seo pun tidak lepas dari tindakan nyeleneh. Ia berani melawan Jang Geun Won dengan menyiram minuman panas ke muka anak Presdir Jang tersebut. 

Setelahnya, ia pun berusaha kabur, berlari sangat jauh meski terkejar juga sih oleh Jang Geun Won. Jo Yi Seo juga terkena luka di pipinya akibat tamparan dari Jang Geun Won.  

Ia yang terluka dan terjatuh pun juga masih berusaha menarik perhatian orang-orang asing Itaewon. Yap, manipulasi membuat masyarakat melihat Yi Seo sebagai "korban" dari kejadian sambil berteriak "tolong aku, tolong aku!". 

Padahal ia sebenarnya tidak takut sama sekali Jang Geun Won lho, lah wong Yi Seo masih nantangin dengan mulutnya yang julit. Yah ibaratnya akting didalam akting hahaha. Kok bisa alami yah, Kim Da Mi emang, psycho

Mungkin di dalam benaknya, Jo Yi Seo berpikir bahwa tujuan hidupnya adalah Park Saeroyi. Jadi tujuan Park Saeroyi ya juga tujuan Jo Yi Seo. 

Artinya Jo Yi Seo itu sebenarnya hanya memikirkan dirinya sendiri dan egois serta sembrono untuk mencapai apa yang ia inginkan. Ia akan memilih apa saja yang menguntungkan dan menyingkirkan apa saja yang merugikan tujuannya.

Buktinya ia rela-rela saja lho kalau teman dekatnya, Geun Soo itu berhenti, karena itu akan mungkin menguntungkan DanBam. Singkatnya Geun Soo itu orang "Jangga" keluar aja gapapa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x