Mohon tunggu...
Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Mohon Tunggu... Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kalahkan Jarak dengan Tetap Produktif Mengajar dan Bermusik dari Rumah!

14 Juni 2020   14:20 Diperbarui: 14 Juni 2020   14:12 188 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalahkan Jarak dengan Tetap Produktif Mengajar dan Bermusik dari Rumah!
Kalahkan jarak dengan tetap produktif dari rumah (Dokumentasi Pribadi)

Bekerja dari rumah jadi kebiasaan baru yang harus dilakukan sebagian besar orang di seluruh dunia di masa pandemi saat ini. Namun terbatasnya jarak dan waktu tidak boleh mengalahkan semangat kita untuk produktif dari rumah saja. Bagaimana sih kita bisa #KalahkanJarak untuk tetap produktif dari rumah?

Saya memulainya dengan move on ke produk AlwaysOn dari 3 Indonesia. Tak perlu ke luar rumah, pembelian kartu perdana Tri bisa dilakukan secara online lewat website www.tri.co.id. Kita bisa mendapatkan nomor cantik Tri sesuai pilihan sendiri dan membeli langsung paket internetnya sesuai kebutuhan, semuanya online dan langsung dikirim ke rumah lho!

Ada beberapa pilihan paket kuota dari perdana AlwaysOn yang bisa langsung aktif ketika kartu perdana sesuai pesanan kita sampai ke rumah, di antaranya:

  • AlwaysOn 1,5 Gb dengan harga Rp15.000
  • AlwaysOn 3 Gb dengan harga Rp28.000
  • AlwaysOn 6 Gb dengan harga Rp39.000
  • AlwaysOn Unlimited+6Gb dengan harga Rp60.000, dan
  • AlwaysOn Unlimited+10Gb dengan harga Rp85.000

Pilihan paket perdana AlwaysOn dari 3 Indonesia (www.tri.co.id)
Pilihan paket perdana AlwaysOn dari 3 Indonesia (www.tri.co.id)
Karena kebutuhan internet bulanan Saya cukup besar dengan menggunakan smartphone yang disematkan ke laptop/komputer (usb tethering), Saya memilih paket bulanan AlwaysOn Unlimited+10Gb dari 3 Indonesia.

Paket perdana Tri AlwaysOn dan tes kecepatan internetnya (Dokumentasi Pribadi)
Paket perdana Tri AlwaysOn dan tes kecepatan internetnya (Dokumentasi Pribadi)
Tak sampai dua hari menunggu, Voila! Kartu perdana Always On sampai juga ke rumah. Saya pun lantas mendaftarkan data diri dan mengaktifkan kartu. Tak lama kemudian langsung saja lakukan speed test untuk mengecek kecepatan internet 3 Indonesia di wilayah Depok, kota di mana Saya tinggal. Wah! Ternyata jaringannya bagus dan stabil. Ditambah meja kerja ala rumahan dan secangkir kopi panas, sudah siap banget nih buat produktif di rumah!

Pengalaman baru belajar dan mengajar dari rumah. Sebagai seorang pengajar, momen seperti ini mau tak mau mengubah pola aktifitas dan kebutuhan penunjang pekerjaan sehari-hari. Sejak aktifitas belajar mengajar dihentikan sementara sejak Februari 2020, tak terasa sudah empat bulan tak merasakan aktifnya suasana kelas bahkan mungkin bisa lebih lama lagi hingga awal tahun depan.

Proses belajar mengajar pun dialihkan dengan menggunakan aplikasi berbagai video conference seperti Zoom, Google Meet, Skype, dan lain-lain. Bekerja dari rumah mungkin bukan masalah bagi dosen dan mahasiswa. Namun kebutuhan akan koneksi internet tanpa batas dan juga harga yang terjangkau menjadi prioritas utama.

Sudah berkali-kali kelas online Saya berjalan lancar tidak ada hambatan. Hal ini juga dirasakan sebagian besar mahasiswa Saya yang menggunakan jaringan 3 Indonesia. 

Suasana kelas meski lewat jalur virtual pun terasa seperti berada di dalam kelas sesungguhnya. Saling berdiskusi, tanya-jawab, aktifitas kelompok, dan juga memberi serta mengerjakan tugas-tugas di setiap pertemuannya. Kelas online tetap aktif berjalan hingga akhir semester meski tanpa bertatap muka secara langsung. 

Selain mengajar, Saya juga aktif mengikuti kursus-kursus dan juga seminar online (webinar) yang diselenggarakan dari dalam dan luar negeri. Meskipun terpisah jarak dan waktu yang sangat berbeda, kualitas jaringan internet baru Tri Indonesia membuat segalanya semakin mudah dan terasa lebih dekat. Meskipun awalnya tidak terbiasa, lama-kelamaan malah jadi ketagihan di depan laptop/komputer saja untuk menambah pengetahuan dan juga pengalaman. Hal ini tentu bukan menjadi alasan untuk leyeh-leyeh di rumah dan tidak melakukan apa-apa.

Produksi musik dari rumah? Bagaimana bisa? 

Produksi musi dari rumah dengan jaringan Tri Indonesia (Dokumentasi Pribadi).
Produksi musi dari rumah dengan jaringan Tri Indonesia (Dokumentasi Pribadi).
Bermain musik dan juga produksi musik adalah hobi Saya. Kondisi seperti ini juga tidak bisa menghentikan diri untuk kreatif dan produktif berkarya dari rumah. Semasa pandemi ini, tak ada lagi acara hiburan dan konser-konser musik yang melibatkan kerumunan orang banyak di sebuah tempat. Para pekerja seni terutama musisi profesional pun harus memutar otak untuk menghadapi kondisi berat seperti sekarang ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN