Mohon tunggu...
Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Inilah Perilaku Unik Pengendara Motor di Indonesia

16 Mei 2015   03:41 Diperbarui: 9 Agustus 2016   03:09 279 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mengendarai sepeda motor memang merupakan sebuah hal yang hampir semua orang lakukan setiap harinya.Kendaraan roda dua ini memang tidak sulit untuk dikendarai bahkan anak SD pun sekarang ini sudah bisa keliling jalan naik sepeda motor. Kendaraan ini sudah menjadi promadona di Indonesia karena sangat bermanfaat dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari kita semua.

Terlepas dari bandelnya pengendara motor dalam mematuhi aturan lalu lintas seperti tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, melawan arus, ataupun yang lainnya, hal-hal lain yang dilakukan para pengendara motor di Indonesia cukup unik dan menggelikan jika perhatikan secara seksama. Apakah dari kalian ada yang sering melihat hal-hal berikut? atau bahkan anda sering melakukannya?

1. Membawa Hewan Hidup-hidup

Hal ini sering kita jumpai di jalanan. Bukan hanya ayam, bebek, atau burung tapi juga hewan yang notabennya tak wajar jika diangkut dengan sepeda motor seperti kambing, domba, atau bahkan sapi. Semuanya demi kebutuhan perdagangan atau peternakan. Sudah tak aneh lagi ya hewan-hewan tersebut bisa diajak "jalan-jalan" dalam kondisi hidup. Kira-kira hewan apa lagi ya yang bakal dibawa orang naik sepeda motor ke sebuah tempat tertentu?

2. Membawa Muatan Berlebih

Foto: bandung.bisnis.com
Foto: bandung.bisnis.com
Selain melanggar tata tertib berlalu lintas, hal ini sebenarnya juga berbahaya bagi pengendara sepeda motor. Hal ini sering kita jumpai di jalan raya, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai pengantar barang atau kurir. Hal ini tentu menyulitkan pengendara untuk melakukan manuver-manuver tajan terutama jika melintasi tikungan tajam. Bayangkan saja jika sang pengendara tidak bisa mengendalikan keseimbangannya, walhasil selain motor dan badan pengendara bisa babak belur, barang-barang yang dibawa bisa rusak semua. Belum lagi kalau barang yang dibawa adalah barang elektronik berukuran cukup besar seperti televisi, lemari es, dan mesin cuci.

3. Menggunakan Payung Saat Mengendarai Sepeda Motor

Foto: huruhary.com
Foto: huruhary.com
Istilah "sedia payung sebelum hujan" sudah sangat tidak asing di telinga kita. Namun Payung sejatinya digunakan tidak ketika mengendarai sepeda motor. Selain merusak konsentrasi juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh saat duduk di sepeda motor. Lebih baik menggunakan jas hujan setelan jika memang memaksakan diri berkendara di kala hujan turun.

4. Membawa Penumpang Lebih Dari Dua Orang

Foto: unece.org
Foto: unece.org
Selain berbahaya dan melanggar aturan berlalu lintas, sepeda motor sesungguhnya dirancang hanya untuk dinaiki oleh dua orang, tidak lebih. Apapun alasannya, memudahkan mobilitas jarak dekat ataupun hemat ongkos, memboncengi lebih dari satu orang di atas sepeda motor dapat merusak shock breaker pada motor itu sendiri. Resiko kecelakaan pun akan jauh lebih besar.

5. Menerjang Banjir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan