Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengapa Soft Skill Perlu Ditingkatkan oleh Seorang Calon Pekerja?

21 Mei 2024   11:15 Diperbarui: 21 Mei 2024   15:08 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://www.sanook.com/men/73761)

Soft skills adalah keterampilan non-teknis yang mencakup kemampuan interpersonal dan intrapersonal yang membantu seseorang untuk berinteraksi secara efektif dan harmonis dengan orang lain, serta untuk mengelola dirinya sendiri. Secara luas, soft skills mencakup berbagai kemampuan seperti komunikasi yang efektif, baik lisan maupun tulisan; kemampuan berkolaborasi dan bekerja dalam tim; kepemimpinan yang inspiratif; kemampuan manajemen waktu yang baik; serta keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Selain itu, soft skills juga melibatkan kemampuan untuk mengelola emosi (emotional intelligence), seperti empati, pengendalian diri, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan.

Soft skills berbeda dari hard skills yang lebih spesifik dan teknis, seperti keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak tertentu atau pengetahuan teknis di bidang sains dan teknologi. Meskipun hard skills penting untuk menyelesaikan tugas-tugas teknis, soft skills sangat penting dalam membantu seseorang untuk menavigasi lingkungan kerja yang kompleks dan berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, dan klien secara efektif.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan persuasif, misalnya, sangat penting dalam hampir semua pekerjaan karena membantu dalam menyampaikan ide, memberikan presentasi, dan membangun hubungan yang baik. Kemampuan berkolaborasi memungkinkan seseorang untuk bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama, sedangkan keterampilan kepemimpinan diperlukan untuk memotivasi dan membimbing tim menuju kesuksesan. Manajemen waktu yang efektif memastikan bahwa tugas-tugas diselesaikan tepat waktu dan prioritas kerja diatur dengan baik. Di sisi lain, keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan membantu individu untuk mengatasi tantangan dan membuat pilihan yang tepat di situasi yang rumit.

Secara keseluruhan, soft skills memainkan peran krusial dalam keberhasilan individu di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari, karena mereka membantu menciptakan hubungan yang sehat, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan individu untuk berkembang dalam berbagai konteks sosial dan profesional.

Jenis-Jenis Soft Skill


Soft skills adalah keterampilan penting yang melengkapi hard skills dan sangat diperlukan dalam dunia kerja. Berikut adalah beberapa macam soft skills yang perlu ditingkatkan sebelum mulai bekerja, beserta alasan mengapa keterampilan tersebut penting:

Komunikasi Efektif:

Alasan: Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan persuasif sangat penting untuk menyampaikan ide, memberikan instruksi, dan berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, dan klien. Komunikasi yang baik membantu mencegah kesalahpahaman dan meningkatkan efisiensi kerja.

Kerja Tim dan Kolaborasi:

Alasan: Kebanyakan pekerjaan melibatkan kerja dalam tim. Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain, mendengarkan pendapat, dan berkontribusi secara efektif dalam kelompok sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun