Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pengen Jago Desain? Yuk Pahami Dulu Tipsnya!

1 November 2023   10:00 Diperbarui: 1 November 2023   10:04 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desain grafis kerap diartikan sebagai sebuah bentuk komunikasi yang menonjolkan seni visual agar informasi di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik. Ini sangat dibutuhkan di era teknologi seperti sekarang, di mana semua bisnis gencar melakukan pemasaran digital atau familiar kita menyebutnya marketing, baik secara luring maupun daring. 

Secara umum desain adalah keterampilan yang memanfaatkan kreativitas serta kemahiran dalam memahami dan menggunakan teknologi. Secara sederhana kita memindahkan kemampuan menggambar suatu objek yang kita miliki dari kertas maupun buku gambar ke media yang berbeda yakni dunia digital. 

Keterampilan desain tersebutlah yang menjadi kemahiran tingkat lanjut manusia dalam mengaplikasikan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Karena kebutuhan akan keterampilan desain semakin tinggi di dunia kerja, maka skill desain sangat layak untuk dipelajari. Berikut beberapa alasannya.

1. Kreativitas yang Tak Tergantikan oleh Kecerdasan buatan

Menjadi seorang desainer tak hanya dibutuhkan latihan dan keterampilan, namun juga kreativitas inovasi yang tak terbatas. Kemampuan memilih tema, menyusun konten, menentukan ide dari desain yang akan dibuat, sampai pada teknik-teknik pembuatan template yang menarik menjadi salah satu keahlian yang tak bisa digantikan oleh mesin maupun robot manapun. Jika kemampuan atau keahlian tersebut sudah kita miliki dalam desain, maka kualitas kita akan semakin dibutuhkan dalam dunia kerja.

2. Meningkatnya peluang kerja

Dewasa ini kemunculan perusahaan start-up makin tinggi berkat kreativitas generasi muda yang makin berkembang. Sebagai perusahaan pemula atau rintisan, mereka akan banyak membutuhkan jasa para desain handal untuk dapat menjawab beragam kebutuhan perusahaan dalam hal promosi, pemasaran, hingga pemenuhan permintaan pasar akan desain produk tertentu. 

Ragam kebutuhan dalam hal jasa pembuatan desain produk seperti pembuatan logo, banner, spanduk, baliho, desain cover, konten media sosial, iklan promosi produk, sampai pembuatan video pendek. Bahkan dari kebutuhan para karyawan yang handal itu akan menjadi modal dalam hal mempertahankan eksistensi dan reputasi perusahaan.

3. Permintaan Sektor Industri

Setiap hari, kita pasti menemukan banyak bermunculan desain-desain produk desain grafis. Di antaranya poster iklan, flyer seminar, cover majalanh atau buku, dan poster seminar atau kursus, hingga postingan influencer media sosial juga membutuhkan sebuah desain yang menarik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun