Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Pengajar dan Penulis lepas yang lulus dari kampung Long Iram Kabupaten Kutai Barat. Gamers, Pendidikan, Sepakbola, Sastra, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Menyelisik Betapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Seseorang

16 Oktober 2023   11:00 Diperbarui: 16 Oktober 2023   12:26 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maraknya kasus bunuh diri yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, khususnya beberapa yang viral di media sosial. Dimulai dari kasus Novia Widyasari yang sempat viral saat ia memilih mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri yakni meminum racun serangga di dekat makam ibunya. Kemudian seorang mahasiswa di Semarang yang memilih mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari lantai atas pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi. 

Hal tersebut menjadi sebuah gambaran bagaimana permasalahan kesehatan mental itu sangatlah penting. Tak peduli mereka yang masih mahasiswa baik laki-laki ataupun perempuan memiliki semangat juang dan kemampuan mengelola emosi yang baik serta mempunyai kesehatan mental dan kewarasan berpikir itu sangatlah penting. 

Sebelum membahas lebih jauh tentang fenomena viral yang akhir-akhir terjadi di Indonesia terkait maraknya kasus bunuh diri di kalangan mahasiswa, mari kita baca sejenak tentang apa yang dimaksud dengan kesehatan mental itu sendiri. 

Kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial di mana individu dapat mengatasi stres normal kehidupan, bekerja produktif, berkontribusi pada masyarakat, dan merasa baik-baik saja secara emosional. Berbagai ahli dan organisasi kesehatan telah memberikan definisi kesehatan mental yang mencakup aspek-aspek berikut:

1. World Health Organization (WHO):
Menurut WHO, kesehatan mental adalah "suatu keadaan kesejahteraan di mana setiap individu menyadari potensi mereka sendiri, dapat mengatasi tekanan normal kehidupan, dapat bekerja produktif dan berkontribusi pada masyarakat di sekitarnya."

2. American Psychiatric Association:
Menurut American Psychiatric Association, kesehatan mental adalah "suatu keadaan perasaan sehat, produktif, dan memuaskan secara emosional dan sosial."

3. American Mental Health Foundation:
Menurut American Mental Health Foundation, kesehatan mental adalah "kemampuan untuk merasakan, berpikir, dan berhubungan dengan orang lain. Ini adalah suatu keadaan dimana individu mengenali potensi mereka sendiri, bisa mengatasi stres yang normal dalam hidup, bekerja produktif dan efisien, serta berkontribusi pada komunitas."

4. National Alliance on Mental Illness (NAMI):
Menurut NAMI, kesehatan mental adalah "keadaan kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial yang memungkinkan individu untuk merasa, berpikir, dan bertindak dengan cara yang memungkinkan mereka untuk menangani tekanan kehidupan sehari-hari."

5. Mental Health America:
Menurut Mental Health America, kesehatan mental adalah "sebuah keadaan perasaan, berpikir, dan perilaku yang memungkinkan individu untuk merasa baik, berfungsi dengan baik di masyarakat, dan memenuhi tuntutan sehari-hari mereka."

Penting untuk diingat bahwa kesehatan mental tidak hanya berarti ketiadaan penyakit mental. Sebaliknya, ini melibatkan keadaan kesejahteraan yang melibatkan kemampuan untuk mengelola stres, berinteraksi secara sehat dengan orang lain, membuat keputusan, dan mengatasi tantangan dalam hidup. Kesehatan mental juga melibatkan penerimaan diri sendiri, mengembangkan keterampilan emosional, dan memiliki dukungan sosial yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun