Mohon tunggu...
Ardhyanda Varell
Ardhyanda Varell Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD 2019

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Yuk Disimak, Hal-Hal yang harus di Perhatikan dalam Membuat sebuah Konten Desain Grafis

23 Juni 2021   12:18 Diperbarui: 23 Juni 2021   18:51 482
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Halo teman – teman semua perkenalkan nama saya Ardhyanda Varell yang merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya seputar menjadi seorang konten creator. Konten yang saya buat biasanya adalah sebuah Gambar atau Desain Poster yang nantinya akan saya bagikan atau saya unggah lewat Media Sosial Instagram, baik Melalui Postingan atau hanya sekedar melalui Instastory. Konten yang saya bahas, merupakan tentang seputar ilmu pengetahuan baik itu yang berkaitan dengan sosial atau budaya, dan juga sebagai media informasi (poster).

Selama saya membuat konten, dan mengunggahnya di media sosial Instagram, saya sudah lumayan banyak mendapatkan respon serta feedback, respon tersebut tentunya beragam ada yang positif dan ada juga yang mengkritik serta memberikan saran kepada saya terkait konten yang saya buat. Tidak hanya itu dari teman sekitar saya pun, sering ikut membantu saya dengan memberikan saran untuk membenahi konten saya tersebut, baik dari segi Desain Gambar/Poster nya atau isi dari konten tersebut.

Untuk membenahi konten saya tersebut, saya melakukan evaluasi serta mengambil kritik yang diberikan oleh audiens, ataupun saran dari teman saya sendiri, kemudian di kombinasikan dengan ide yang saya punya, dan dengan tetap memperhatikan beberapa aspek -aspek penting yang dapat membuat konten lebih menarik dan efektif tentunya, yang nanti akan saya bahas setelah ini.

Oke, sebelum kita masuk ke pembahasan utama kita tentang tips agar konten kita dapat diterima dan menarik bagi masyarakat, mari kita bahas dulu apa itu konten creator dan bagaimana perkembangan profesi konten creator yang ada di Indonesia.

Konten Kreator merupakan sebutan bagi orang yang membuat serta menghasilkan sebuah konten menarik yang berisi seputar Video, Gambar, Video, Suara dan masih banyak lagi. Topik Pembahasan nya pun bermacam -macam mulai dari Tentang Daily Vlog, Edukasi, Fashion, Memasak, Cover Music, dan lain- lain. Kehadiran profesi Konten Kreator memang tidak bisa di pisahkan dengan semakin majunya Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang ada di Dunia maupun di Indonesia. Semakin mudahnya mendapatkan akses internet dan semakin banyaknya platform -platform di Internet yang dapat membantu seseorang untuk menjadi seorang konten Kreator.

Di Indonesia sendiri perkembangan profesi seorang konten creator juga sudah sangat berkembang pesat hal ini pun dibantu dengan semakin majunya Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang ada di Indonesia, serta jaringan Internet yang semakin mudah di akses dari hari ke hari, begitupun dengan gadget atau alat perangkat lainnya, yang semakin banyak opsi atau pilihan untuk membantu dalam proses pembuatan konten. Konten – konten yang di hasilkan oleh para konten creator di Indonesia pun sangat bermacam -macam mulai dari konten prank, konten tutorial (memasak, make up, dll), Web Series, Musik , dan masih banyak lagi.

Banyak sekali konten creator di Indonesia yang berhasil atau sukses seperti, Atta Halilintar yang biasanya membuat konten di Youtube, Bintang Emon yang membuat konten Video di media sosial Intagram, David Brendi atau yang biasa lebih dikenal dengan Gadget In yang membahas atau membuat konten seputar gadget atau teknologi, Chandra Liow yang selalu konsisten dalam membuat video berkualitas di Youtube, dan masih banyak lagi konten creator yang sukses di Indonesia.

Setelah membahas tentang apa itu konten creator dan bagaimana perkembangan konten creator di Indonesia, kita akan membahas tips dan trik untuk memperbaiki konten atau membuat konten menjadi lebih menarik lagi dan lebih baik lagi khusus untuk konten desain grafis dengan memperhatikan beberapa aspek -aspek seperti berikut ini :

1. Buat Konten yang relate dengan permasalahan audiens

Sebelum memulai membuat konten hal yang harus kita perhatikan adalah audiens, kita harus mempunyai target audiens agar sasaran konten yang telah kita buat bakal dapat lebih mudah diterima dan dapat bermanfaat, karena sesuai denga napa yang di inginkan oleh audiens tersebut. Jadi pemilihan tema ataupun konsep sangat penting dalam pembuatan konten. Misalnya, sekarang masyarakat sedang ramai memperbincangkan seputar EURO 2020 (event/turnament khusus negara-negara di Benua Eropa) kita dapat membuat konten konten seputar hasil pertandingan, ulasan pertandingan, atau fakta-fakta menarik seputar EURO 2021 yang dikemas dengan semenarik mungkin, agar audiens tertarik dan memiliki minat terhadap konten yang kita suguhkan.

2. Berikan Hal Baru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun