Mohon tunggu...
Ardhian Pratama
Ardhian Pratama Mohon Tunggu... Penulis

Let's Write

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Cara Mendeteksi Password WIFI Indihome dengan Mudah

22 Juli 2020   10:12 Diperbarui: 30 Juli 2020   10:45 45 1 0 Mohon Tunggu...

Salah satu produk layanan milik Telkom Indonesia bernama Indonesia Digital Home atau yang populernya disebut IndiHome, memang menjadi salah satu layanan penyedia internet yang banyak digunakan pada saat ini.Namun,seringkali hambatan muncul ketika pengguna lupa akan password WiFi yang mereka punyai.


Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi tentang cara mengetahui password WiFi IndiHome untuk pengguna yang mengalami kelalaian.


Cara Mengetahui Password WiFi pada IndiHome


Memang ada sebuah kecenderungan perilaku apabila pengguna layanan internet provider dari IndiHome pasti akan sengaja mengaktifkan mode auto connect atau istilah lainnya koneksi secara otomatis pada setiap perangkat atau gadget yang kita miliki. Dengan sebutan lain yakni, password atau kata sandi pada WiFi hanya dibutuhkan disaat pertama kali menyambungkan ke perangkat.


Masalah pertama muncul ketika terdapat perangkat baru yang juga ingin terhubung pada koneksi jaringan WiFi. Ataupun bilamana ada saudara atau kolega yang berkunjung ke rumah dan ingin menggunakan koneksi internet IndiHome yang terdapat di rumah kita.

Tak  perlu khawatir, berikut ini tentang beberapa metode yang dapat kita gunakan untuk kembali mengetahui password WiFi IndiHome meskipun kita telah lalai.


Cara Mengetahui Informasi Password WiFi IndiHome Melalui Modem

Cara Mendeteksi Password WIFI Indihome Dengan Mudah

Langkah-langkah pertama kalinya yang dapat kita tindak lanjuti apabila lalai mengenai password WiFi IndiHome kita yaitu dengan cara mengeceknya langsung melalui modem yang kita gunakan saat itu juga. Untuk bisa mendapatkan kembali informasi password, kita cukup mengikuti langkah demi langkah pada informasi dibawah ini:

- Membuka browser kemudian masukkan  IP 192.168.1.1 yang merupakan alamat default pada modem. Apabila sudah selesai, kita tekan Enter.

- Kita selanjutnya akan dimintai data untuk memasukkan username dan kata sandi alias password. Selanjutnya masukkan username dan password secara benar .

- Kita kemudian akan masuk ke dalam halaman pada dashboard utama panel modem. Dashboard tersebut akan menyesuaikan dengan modem yang kita gunakan.

- Setelah itu kita melanjutkan dengan memilih interface set up - tab wireless. Dan selain itu,perlu untuk diperhatikan dengan teliti pada kolom SSID (nama jaringan WiFi yang telah kita buat), Authentication Type (jenis keamanan pada jaringan yang digunakan) dan Pre-Shared Key (password WiFi kita). Dengan istilah lain, kita akhirnya dapat mengetahui informasi tentang password WiFi kita.


Cara Mengetahui Password pada WiFi IndiHome Melalui perangkat PC ataupun Laptop

Cara Mendeteksi Password WIFI Indihome Dengan Mudah

Selain melalui perangkat modem, kita dapat mencoba mengetahui password WiFi yang kita miliki dengan menggunakan perangkat PC ataupun laptop kita. Menggunakan perangkat komputer yang terkoneksi langsung dengan jaringan internet IndiHome yang kita gunakan. Apabila sudah, kita cukup mengikuti step by step berikut ini:

- Klik/pilih Network yang terdapat di PC/laptop kita (yang lazimnya terletak di sebelah kanan bawah layar). Pada bagian menu Wireless Network Connection,kita pilih jaringan WiFi, klik kanan kemudian pilih Properties. Maka akan terbuka sebuah tab Wireless Network Properties.

 - Pada tab menu Security, kita pilih Network Security Key.Dan di dalamnya berisi password yang telah disembunyikan atau istilah lainnya berstatus hidden. Kemudian kita beri centang pada kolom Show Characters.

 - Password WiFi IndiHome kita seketika akan muncul otomatis. Alangkah baiknya untuk lekas menyalin dan menyimpan password tersebut.

Untuk Password Login Modem Juga Lalai ? Berikut Ini Cara untuk Mengetahuinya

Cara Mendeteksi Password WIFI Indihome Dengan Mudah

Masih muncul dan masalah lain yang juga seringkali dialami oleh para pengguna IndiHome,  dan salah satunya yaitu saat lalai tentang password modem. Seperti yang sudah penulis deskripsikan di halaman selanjutnya,kita memerlukan password untuk dapat login ke perangkat modem yang kita miliki.

Lantas bagaimana apabila kita juga melalaikan password pada modemnya? Tidak perlu khawatir! Dibawah ini merupakan langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mengetahui password login pada modem IndiHome kita:

1. Mengetahui informasi tentang username dan password
Langkah ini seharusnya ditempuh begitu kita melakukan installasi untuk pertama kalinya. Apabila suatu saat kita ingin mengimplementasikan cara mengetahui password WiFi IndiHome, maka kita harus mengetahui dan mengingat juga data username dan password IndiHome.

Dengan mengetahui secara detail informasi username dan password untuk login pada modem, maka kedepannya kita dapat menemukan password pada WiFi dengan mudah.

2. Mengetahui Settingan pada Modem
Selain berkutat dengan username dan password, kita seharusnya perlu untuk memahami beberapa settingan yang telah diterapkan pada modem WiFI IndiHome yang kita miliki. Terdapat beberapa perbedaan pengaturan pada modem IndiHome yang ditujukan untuk penggunaan personal maupun untuk kebutuhan perusahaan.

Kita perlu mengetahui alamat IP address, DHCP serta MAC Address. Beberapa pengaturan tersebut dapat mempengaruhi mudah tidaknya password kita untuk ditemukan.

3. Mengetahui Letak Tombol Reset pada Modem

Cara Mendeteksi Password WIFI Indihome Dengan Mudah

Hal yang tidak kalah penting, tentunya kita harus memahami dan mengenal dengan betul bentuk dan kondisi fisik hardware dari modem IndiHome yang kita milik. Untuk dapat menemukan informasi username dan password, kita dapat dengan mudah melakukan trik reset melalui modem langsung.

Kita perlu mengetahui apabila tombol reset yang terletak pada bagian belakang modem ini biasanya berbentuk agak kecil dan menjorok ke bagian dalam.

Kesimpulan
Itulah beberapa langkah solusi mudah dan praktis untuk menerapkan cara mengetahui isi  password WiFi IndiHome baik itu dari perangkat PC/laptop maupun melalui modemnya secara langsung.

Sehingga saat ini kita tidak perlu khawatir lagi apabila kita memerlukan informasi seputar password WiFi IndiHome,tapi kita dalam kondisi lalai.Selamat mencoba para pembaca dimanapun kalian berada!

kunjungi selengkapnya pada link dan tautan : www.ardhiansatya.com

VIDEO PILIHAN