Mohon tunggu...
Arif Rahman
Arif Rahman Mohon Tunggu... Freelancer

Menyukai hal-hal sederhana, suka ngopi, membaca dan sesekali meluangkan waktu untuk menulis. Kunjungi juga blog pribadi saya (www.arsitekmenulis.com) dan (http://ngeblog-yuk-di.blogspot.com)

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Menjemput Masa Depan Dengan Mengelola Uang THR Lewat Cara Simpel

12 Mei 2019   00:38 Diperbarui: 12 Mei 2019   00:51 58 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjemput Masa Depan Dengan Mengelola Uang THR Lewat Cara Simpel
Cara Simpel Mengelola Uang THR (Foto : Dok. Himam Miladi)

Atur uangmu dengan bijak agar masa depanmu tidak tergadaikan.

Sadar nggak sih kalau ada banyak kebiasaan serta perilaku kita yang beresiko dan bisa berujung pada masa depan yang tergadaikan.

Saat lagi berjaya dengan datangnya rejeki yang bertubi-tubi, kita kadang lupa mengatur uang dengan baik. Bahkan lebih sering kebablasan dalam menggunakannya. Baik itu dihabiskan untuk memenuhi hasrat "kampung tengah", atau malah membelanjakannya pada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu alias hanya untuk memuaskan ego sesaat. Dan akhirnya lupa menyisihkan untuk ditabung atau investasi.

Jujur saja, saya sendiri pun kadang suka "terjebak" dalam kondisi seperti itu. Saat menerima gaji yang lumayan banyak (menurut saya) sebagai pegawai swasta dan ditambah pemasukan sampingan freelance (desain arsitektur dan ngeblog), saya kadang lalai menyisihkan untuk dana darurat, tabungan atau investasi.

Alhasil, di waktu-waktu tertentu, saya pun dibuat kalang kabut. Celakanya lagi, disaat seperti itu tidak ada tabungan maupun investasi yang bisa di andalkan untuk sementara waktu.

Dari pengalaman itu, saya mulai sadar bahwa mengelola keuangan dengan baik merupakan hal penting yang tidak boleh di abaikan. Apalagi saat ini saya sudah berkeluarga dan Alhamdulillah di awal tahun ini di karuniai seorang anak laki-laki. Dimana mau tidak mau, saya harus mulai mengubah tata kelola keuangan kea rah yang lebih baik. Yah, mungkin diawali dengan membuat semacam buku pedoman anggaran.

Tujuan buku pedoman ini ialah untuk membantu mengendalikan diri dalam menggunakan uang. Artinya, harus ada skala prioritas dalam hal pengeluaran keuangan. Sehingga kebutuhan yang wajib didahulukan dan ditunda bisa di atur sedemikian rupa.

Pentingnya Mengelola Financial Untuk Masa Depan

Masa depan itu sebuah misteri yang menawarkan sejuta kemungkinan yang tidak bisa ditebak sama sekali. Entah itu kebahagiaan, kejayaan, kemunduran, kehilangan maupun keberuntungan, sama sekali tidak ada yang tahu pasti.

Hanya satu yang pasti. Siapapun itu tidak terkecuali saya, pasti menginginkan masa depan yang cerah. Hidup berkecukupan, sejahtera, panjang umur, bahagia, sehat selalu, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mewujudkan ketenangan hidup di masa depan, maka perlu dipikirkan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Lalu bagaimana caranya? Salah satu yang terbaik yakni dengan menabung di bank. Menabung di sini adalah dengan membuat rekening khusus, baik itu dari hasil gaji bulanan maupun pemasukan tambahan seperti THR.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN