Mohon tunggu...
Mutiara Rizky
Mutiara Rizky Mohon Tunggu... Seorang mahasiswi

An ordinary girl

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Belgian Endive, Sayuran Hijau Yang Tumbuh Dalam Gelap

13 Agustus 2020   18:35 Diperbarui: 14 Agustus 2020   22:25 1774 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belgian Endive, Sayuran Hijau Yang Tumbuh Dalam Gelap
images-5f351c65097f361e54725982.jpeg

Hai kompasianers kenalkan saya Mutiara mahasiswa di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti prodi D4 Hotel dan pemegang Beasiswa Unggulan Kemdikbud. Kali ini saya mau berbagi pengetahuan sama kalian semua para pembaca. Semoga bisa menambah wawasan dan kalau ada salah mohon di maafkan. 🙏. 

Endive atau Andewi adalah sayuran hijau yg masuk dalam keluarga jenus Cichorium yg rata - rata memiliki rasa pahit. Tapi, sayuran ini memiliki vitamin dan mineral, terutama vitamin A, vitamin K, serat dan zat besi. 

Belgian endive dipercaya ditemukan pertama kali di Belgia. Belgian endive ini memiliki cara budidaya yg unik yaitu dengan menanam pohonnya di tempat gelap.

Saat pohon sudah ditanam dilahan pertanian selama 5 bulan, akar pohon dipisahkan dari daunnya dan akan didinginkan selama kurang lebih 10 hari gunanya adalah untuk mendapatkan akar yg kuat dan dibutuhkan pendinginan untuk mendapatkan itu. Setalah dinginkan akar - akar tersebut dipindahka ke media tanam lain nah disini para petani belgian endive memakai pasir sebagai media tanam lalu ditutup oleh kain berbahan nylon canvas. Sayuran ini bisa dipanen dalam waktu 21 hari. Nah yg dipanen adalah kuncup bunganya seperti gambar diatas. 

Belgian endive ini memang tidak begitu familiar di Indonesia, tapi kalau di eropa sayuran ini gampang ditemukan di supermarket dan biasanya dimakan bersama salad atau dimasak terlebih dahulu. Karena belgian endive ini seperti jenis endive lain yg memiliki rasa yg pahit.

VIDEO PILIHAN