Mohon tunggu...
Arako
Arako Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Best in citizen journalism K-Award 2019 • Pekerja Teks Komersial • Pawang kucing profesional di kucingdomestik.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ini Dia Para Penghafal Alkitab

26 Januari 2016   15:58 Diperbarui: 10 Februari 2019   09:46 9562
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tulisan ini berangkat dari kebosanan saya, akan pertanyaan kepo teman-teman nonkristen yang entah sudah keberapa ratus kalinya saya terima sejak saya masih sekolah :

"Kenapa orang Kristen nggak ada yang hafal Alkitab?"

Yah, kalau sekadar nanya sih nggak papa ya. Tapi nggak sedikit yang berujung pada tuduhan-tuduhan sepihak yang akhirnya jadi kesimpulan sak kerepe dewe seperti misalnya "Orang kristen nggak menghormati Kitab sucinya sendiri!", atau "Berarti kitabnya bukan firman tuhan!", " (Ini serius. Saya sering banget dikatain begini hanya karena saya nggak hafal Alkitab).

***

 

Well, sebelumnya saya jelaskan dulu sedikit, kalau Alkitab (Protestan) itu terdiri dari 66 kitab yang terbagi dalam dua golongan besar yakni Perjanjian Lama (39 Kitab) dan Perjanjian Baru (27 Kitab). Khusus untuk Katholik ada tambahan satu golongan lagi yakni deutorokanonika (10 kitab) jadi total 76 Kitab.

Kitab Injil sendiri yang terdiri dari 4 Kitab, termasuk di dalam golongan Perjanjian Baru. Jadi, kurang tepat juga rasanya kalau dibilang Kitab suci umat Kristen adalah Injil, karena Injil "hanya" sebagian kecil kitab dalam Alkitab.

Alkitab protestan Bahasa Indonesia versi terjemahan baru terdiri dari 1.189 pasal dan 31.171 ayat. Jumlah ayat yang bejibun inilah menjadi salah satu sebab kenapa orang Kristen malas menghapal Alkitab (termasuk saya :p ).

Tapi bukan berarti nggak ada lho. Ternyata ada orang-orang yang diberkati Tuhan dengan kemampuan ingatan fotografis (atau kalau bukan, tentunya kemauan yang ekstra besar :D).

 

Berikut daftarnya yang saya terjemahkan dan rangkum dari artikel dalam web http://skeptics.stackexchange.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun