Mohon tunggu...
D. Wibhyanto
D. Wibhyanto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Bidang Sastra, Sosial dan Budaya

Penulis Novel CLARA-Putri Seorang Mafia, dan SANDHYAKALANING BARUKLINTING - Tragedi Kisah Tersembunyi, Fiksi Sejarah (2023). Penghobi Traveling, Melukis dan Menulis Sastra, Seni, dan bidang Sosial Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Artikel Utama

Kamu Nyaleg 2024? Ini Tips Kampanye Politik yang Efektif!

24 Mei 2023   06:52 Diperbarui: 16 Juni 2023   07:39 1188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Bendera partai politik peserta pemilu di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019). (Foto: KOMPAS/WAWAN H PRABOWO)

Kalem saja, entah kamu pejabat Menteri atau bukan, artis atau mantan artis yang lagi nyaleg 2024, nyantai saja untuk topik yang serius ini, jangan sensi, tidak papa kan kusapa kalian dengan sebutan "Kamu" bukan "Anda"? 

(disclaimer dulu brow, sekedar bahan sharing bukan mau menggurui, biar tambah akrab tak berjarak kita, antara situ "pejabat top dan artis pop" dan saya "rakyat gardu ojekan". hihihi. Okey brow, lanjut cinn..tancep kayon!) 

Kampanye, mahkluk apakah itu? 

Kampanye adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk mempromosikan atau mendukung suatu tujuan tertentu. Biasanya, kampanye dilakukan oleh kelompok atau individu yang ingin mempengaruhi masyarakat atau pemerintah untuk mengubah kebijakan, mencapai tujuan sosial atau politik, atau meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting.

Kampanye bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, tergantung pada tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Beberapa bentuk kampanye umum meliputi:

Kampanye politik: Dilakukan oleh partai politik atau calon dalam pemilihan umum untuk memenangkan dukungan dan memperoleh suara pemilih.

Kampanye advokasi: Bertujuan untuk mempengaruhi opini publik dan mendorong perubahan dalam kebijakan pemerintah atau praktik tertentu. Contoh kampanye advokasi termasuk kampanye anti-perokok, kampanye hak asasi manusia, atau kampanye lingkungan.

Kampanye sosial: Fokus pada isu-isu sosial, seperti penghapusan kemiskinan, pemberdayaan perempuan, pendidikan, atau kesehatan masyarakat.

Kampanye pemasaran: Dilakukan oleh perusahaan atau merek untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dan meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen.

Kampanye amal: Bertujuan untuk mengumpulkan dana atau sumber daya untuk organisasi nirlaba atau tujuan amal tertentu.

Dalam sebuah kampanye, strategi komunikasi yang efektif biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan kampanye kepada khalayak target. 

Hal ini melibatkan penggunaan media massa, iklan, media sosial, acara publik, atau metode lainnya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam kampanye.

Lima hal yang harus kamu hindari dalam kampanye politik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun