Mohon tunggu...
Aqiq Muttaqin
Aqiq Muttaqin Mohon Tunggu... Guru - Guru Progresif

Guru yang suka dengan hal dan pengalaman yang baru, sehingga semangat untuk mencari dan mengkaji ada pada setiap langkahnya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

SMP Labschool Cibubur Juara Tari di 2 Negara Eropa

4 November 2023   15:56 Diperbarui: 4 November 2023   16:44 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Doc. SMP Labschool Cibubur

SMP Labschool Cibubur mengirimkan tim danadyaksa budaya pada dua perlombaan internasional sekaligus yaitu "Les Etoiles de Paris" yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2023 di Paris, Prancis dan "The 38th Prague Stars" yang dilaksanakan pada tanggal 3 November 2023 di Praha, Rebublik Ceko. 

Danadyaksa budaya merupakan tim misi budaya yang dibentuk oleh SMP Labschool Cibubur sejak tahun 2011. Danadyaksa budaya memiliki tujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah atau tradisi Indonesia yang sangat kaya, agar dikenal luas di mancanegara. Tim danadyaksa budaya terdiri dari 10 orang penari, 4 orang pemain musik, 1 orang perwakilan guru, 1 orang pelatih tari, dan 1 orang grup leader  yang juga berperan sebagai pemain musik. 

Pada hari selasa, 31 Oktober 2023, tim danadyaksa budaya berhasil memenangkan perlombaan First Prize dalam kategori Mixed Age Group Folklore and Choreography Traditional Folk Performance dalam kompetisi Etoiles de Paris 2023. Jumlah peserta dalam kompetisi ini sebanyak 104 peserta yang berasal dari berbagai negara. Dan pada tanggal 3 November tim danadyaksa budaya SMP Labschool Cibubur memenangkan Juara Umum Grand Prix The 38th Prague Stars (Traditional Folk Dance, Music, And Singing) 2023 di Praha, Republik Ceko. 

Doc. SMP Labschool Cibubur
Doc. SMP Labschool Cibubur

Pada perlombaan ini, tim danadyaksa budaya SMP Labschool Cibubur menampilkan tarian Torang Papua. Tarian ini mencerminkan slogan semangat kebersamaan masyarakat di Papua. Komposisi tari dan musik ini mengeksplorasi kearifan lokal untuk mendorong generasi muda memberikan kontribusi positif bagi masyarakatnya, dan menunjukkan semangat generasi muda untuk membangun Papua (Indonesia), serta mencintai dan melestarikan budayanya.

Tim danadyaksa budaya SMP Labschool Cibubur mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari KBRI Paris dan KBRI Praha yang secara langsung disampaikan saat tim danadyaksa budaya melakukan kunjungan ke kedutaan besar Republik Indonesia di Paris dan di Praha. Apresiasi yang luar biasa juga diberikan oleh para juri, penonton, dan peserta lain saat tim Danadyaka selesai menampilkan tarian Torang Papua.

Doc. SMP Labschool Cibubur
Doc. SMP Labschool Cibubur

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun