Mohon tunggu...
Yayat S. Soelaeman
Yayat S. Soelaeman Mohon Tunggu... Penulis - Berbagi Inspirasi

writer and journalist / yayatindonesia@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Haruskah Inggris Gagal Lagi Juara Piala Eropa?

21 Juni 2024   14:36 Diperbarui: 23 Juni 2024   08:00 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bintang Inggris, Jude Bellingham (Foto: AFP/OZAN KOSE via KOMPAS.com)

Hingga menyelesaikan pertandingan kedua babak penyisihan grup Piala Eropa (Euro) 2024, khususnya di Grup A, B dan C yang berakhir Jumat (21/6/2024), tuan rumah Jerman dan salah satu kandidat juara Spanyol nyaman berada di puncak grup sekaligus lolos ke babak 16 besar.Namun sebaliknya, dua tim raksasa Eropa yang memiliki nama besar dan juga menjadi calon juara edisi Euro 2024 ini, yaitu Inggris (runner-up Euro 2020)  dan juara bertahan 2020 Italia, berada dalam bahaya, dan harus menentukan kelolosan mereka ke babak 16 besar melalui pertandingan terakhir penyisihan grup, pekan depan.

Tuan rumah memenangi dua pertandingan pertama mereka di grup A, yaitu menang atas Skotlandia 5-1 dan Hongaria 2-0, dan menempatkan Jerman di posisi puncak grup. Jerman dengan 6 poin akan memperebutkan juara grup melawan Swiss (4 poin).

Posisi Swiss sendiri rawan disalip Skotlandia yang akan menghadapi Hongaria yang sudah tersingkir. Apabila Swiss kalah dari Jerman dan Skotlandia mengalahkan Hungaria dengan jumlah gol yang banyak, maka Skotlandia akan menemani Jerman lolos ke babak 16 besar.

Sedangkan Spanyol di Grup B lolos ke babak 16 besar setelah memenangi pertandingan sulit menghadapi Italia. Kemenangan penting 1-0 La Furia Roja atas Gli Azzurri membawa mereka sementara menduduki puncak grup. Apa pun  hasil pertandingan melawan Albania, Spanyol tetap lolos ke babak berikutnya.

Tiga tim di Grup B, yaitu Italia, Kroasia dan Albania, masih memiliki peluang besar untuk lolos ke babak 16 besar menemani Spanyol. Italia sejatinya hanya membutuhkan hasil imbang melawan Kroasia untuk menemani Jerman, sedangkan Kroasia dan Albania membutuhkan kemenangan jika ingin lolos ke babak knock-out Euro 2024.

Pertandingan melawan Kroasia akan  mempertaruhkan reputasi juara bertahan Euro 2020 itu. Jika seri atau menang, maka Italia akan melanjutkan ambisinya untuk mempertahankan gelar.

Sedangkan bagi Albania, selain harus mengalahkan Spanyol, mereka juga berharap Kroasia menang atas Italia, dan siapa yang lolos ke babak 16 akan ditentukan melalui perhitungan jumlah gol.

Sementara itu di Grup C, persaingan sengit terjadi setelah Inggris gagal menaklukkan Denmark, Kamis (20/6/2024), dan harus puas dengan hasil imbang 1-1. Hasil imbang itu menempatkan seluruh empat tim grup memiliki peluang untuk memperebutkan dua tempat di babak 16 besar.

Inggris vs Denmark berakhir 1-1. (Foto: Reuters)
Inggris vs Denmark berakhir 1-1. (Foto: Reuters)
Inggris dengan empat poin sesungguhnya hanya membutuhkan hasil seri melawan Slovenia untuk lolos sebagai juara Grup C, namun apabila kalah dari Slovenia, maka Inggris dipastikan harus pulang lebih cepat dari Jerman, terutama apabila Denmark yang memiliki dua poin saat ini berhasil mengalahkan Serbia.

Harusnya Milik Inggris

Timnas Inggris selalu menjadi unggulan dalam setiap kejuaraan utama sepak bola dunia. Tidak pernah ada satu pihak pun yang meragukan ketangguhan Inggris, terutama karena mereka memiliki materi pemain bintang. Didukung kompetisi Liga Primer Inggris yang berkualitas, para pemain Inggris memiliki kualitas terbaik dengan kedalaman skuad yang mumpuni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun