Mohon tunggu...
Aqil Mukhlish
Aqil Mukhlish Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

11 Desember 2022   20:29 Diperbarui: 11 Desember 2022   20:31 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi hominisasi adalah salah satu kegiatan untuk mengembangkan potensi diri yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Parahyangan. Di dalam geladi ini mahasiswa dituntut untuk berpikir secara logis dan luas, mahasiswa juga diberikan tugas-tugas yang dapat memanfaatkan bakat dan dapat mengembangkan bakat dirinya. Geladi hominisasi sangat perlu di ikuti oleh mahasiswa Unpar karena banyak manfaat yang dapat diterima oleh peserta geladi. Sebagai salah satu dari seratus peserta geladi hominisasi pada Minggu, 4 desember 2022, saya akan mereview dan menceritakan geladi hominisasi.

Di dalam geladi hominisasi saya banyak melakukan aktivitas-aktivitas seru yang dapat menambah skill saya sebagai mahasiswa, entah skill akademik ataupun non-akademik. Saya merasakan banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari tugas-tugas yang diberikan saat pra geladi maupun saat geladi berlangsung. Seperti tugas untuk menanggapi lagu Indonesia raya yang saya rasa lagu Indonesia raya itu liriknya hanya sebanyak yang dinyanyikan saat upacara di hari senin, ternyata lagu Indonesia raya memiliki lirik yang indah dan menyentuh hati. Dan aktivitas geladi pun menyenangkan walaupun dilakukan secara daring.

Setelah mengikuti rangkaian geladi, saya sebagai warga negara Indonesia perlu untuk menggunakan kemampuan logika dan bahasa dengan baik, karena kita sebagai warga Indonesia yang bermacam-macam ragam, suku, budaya, dan bahasanya perlu menggunakan kemampuan logika yang didasari oleh akal dan perlu untuk menggunakan bahasa dengan baik sebagai sarana bersosialisasi. Banyak manfaat yang dapat kita dapatkan jika kita merealisasikan apa yang telah kita pelajari di geladi. Manfaat yang dapat saya rasakan setelah mengikuti geladi adalah saya jadi percaya diri dengan kemampuan diri sendiri untuk dapat berbicara di depan umum atau public speaking.

Kemampuan logika dan bahasa dapat kita terapkan di jenjang kuliah nanti disat kita mengikuti organisasi, acara-acara yang terstruktur, dan disaat kita mendapatkan amanat untuk menjadi pembicara. Kita pun dapat mengembangkan kemampuan logika dan bahasa di jenjang kuliah melalui mata kuliah yang ada, seperti mulai untuk berpikir logis dan berbahasa yang baik dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun