Mohon tunggu...
Aprilia Septyaningsih
Aprilia Septyaningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - 101190191/ SA.G

Blok pribadi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandangan Fiqh Terkait Operasi Plastik

29 November 2021   18:11 Diperbarui: 29 November 2021   18:13 228 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandangan Fiqih Terkait Operasi Plastik

Pendahuluan

Seiring dengan perkembangan dunia yang semakin maju disertai dengan era globalisasi yang kian meningkat serta perkembangan ilmu pengertahuan dan teknologi yang begitu pesat dalam kehidupan masyarakat, seperti bidang kedokteran, hukum, serta  ekonomi, telah membawa dampak  positif sekaligus dapat menimbulkan berbagai persoalan-persoalan hukum baru. 

Masyarakat Islam, sebagai suatu bagian dari kehidupan tak dapat melepaskan diri dari persoalan-persoalan baru yang tengah berkembang, maka otomatis persoalan-persoalan baru yang belum jelas hukumnya dalam Alquran maupun Sunnah harus segera mendapatkan jawaban yang  tepat supaya tidak terjadi gejolak di masyarakat. 

Namun permasalahan yang terjadi sangat berbeda dengan yang terjadi di masa lampau. Maka setiap ada permasalahan kontemporer yang muncul kita kembalikan lagi kepada hukum islam.

Perihal kecantikan memanglah sangat  penting di kalangan masyarakat saat ini terutama bagi para selebritis, segala cara dilakukan baik  cara yang sederhana maupun cara yang dapat membahayakan  mereka lakukan demi memperoleh kecantikan yang sempurna. 

Operasi plastik juga kontroversial, karena sebagian besar dilakukan untuk alasan kosmetik. Beberapa orang berpikir bahwa operasi plastik adalah kejadian sehari-hari, sementara yang lain menganggapnya aneh dan tidak menyukainya. Operasi plastik menjadi salah satu dari persoalan-persoalan yang dihadapi umat Islam saat ini untuk segera dicarikan jawabannya.

Pembahasan

Deskripsi Kasus

Pengertian umum bedah plastik yaitu berubah bentuk dengan  pembedahan, istilah bedah plastik dalam kedokteran adalah operasi dengan memindahkan jaringan atau organ dari satu tempat  ke tempat lain selain jaringan yang dioperasi. 

Pembedahan untuk jaringan atau organ. Jaringan adalah kumpulan sel (bagian terkecil dari suatu individu) yang memiliki fungsi spesifik yang sama, dan  organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki fungsi yang berbeda, sehingga merupakan unit dengan fungsi tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan