Mohon tunggu...
Aprana Putra
Aprana Putra Mohon Tunggu... Politisi - Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang

"Great taste brings success."

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mencetak Nakhoda Masa Depan

2 September 2020   23:25 Diperbarui: 3 September 2020   14:19 111 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mencetak Nakhoda Masa Depan
Dok. pribadi

Wadah Pengembangan Potensi

Manusia adalah makhluk sosial yang sederhananya dapat dilihat dari kebutuhannya kepada sesama, tidak dapat terlepas satu sama lain; ada keterikatan. Salah satu bentuk keterikatan itu adalah adanya kelompok sosial atau organisasi. 

Organisasi dewasa ini lebih sering dikenal dengan sekelompok orang yang berkumpul untuk menempuh tujuan yang sama. Pada dasarnya, sebenarnya tujuan yang sama tidak selalu bicara soal organisasi. 

Karena gerbong kereta api yang berisi sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama pun tidak disebut sebagai organisasi. Kembali kepada hakikatnya, bahwa sebenarnya yang dimaksud dengan hal tersebut adalah keterikatan itu sendiri. 

Seiring berjalannya waktu, organisasi berkembang dan terus mengalami perubahan. Salah satu organisasi yang dinamis dan menjadi sorotan publik termasuk negara misalnya, Organisasi Mahasiswa. Organisasi non profit yang kerap kali menimbulkan kontroversi ini terus menghasilkan inovasi dan kreativitas dalam keberjalanannya.

Tidak sia-sia adanya, maksud dan tujuan negara menyediakan Organisasi Mahasiswa adalah pengembangan potensi, minat, dan bakat individu. 

Misalnya ketika individu tersebut memiliki minat untuk memasuki dunia pemerintahan atau politik kampus maka minat tersebut dapat mengarahkannya untuk memasuki organisasi seperti lembaga eksekutif mahasiswa atau lembaga legislatif mahasiswa.

Sedangkan ketika individu tersebut memiliki minat untuk mengasah bakat bernyanyinya atau bakat olahraganya dan/atau mengetahui potensinya dalam kepenulisan misalnya maka individu tersebut dapat memasuki Organisasi Mahasiswa seperti Paduan Suara Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa Sepak Bola atau sejenisnya, juga Lembaga Pers Mahasiswa dan masih banyak lagi. 

Hal ini diperkuat dengan adanya dukungan dari pemerintah berupa dana yang akan diberikan kepada perguruan tinggi untuk selanjutnya disalurkan ke Organisasi Mahasiswa yang disebut dengan Dana Kemahasiswaan. 

Dana tersebut selanjutnya akan dipergunakan sebaik-baiknya dalam mengakomodir minat dan aspirasi dari anggota organisasinya, karena tidak semua mahasiswa mengantongi uang yang cukup di saku mereka untuk menyalurkannya dalam kegiatan hobi atau minat mereka maka dana tersebut dapat menjadi solusi tepat yang memberikan ruang seluas-luasnya untuk berkembang.

Tidak Hanya Berenang Tapi Juga Berlayar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan