Mohon tunggu...
APLIANA TAMO INYA
APLIANA TAMO INYA Mohon Tunggu... Sales - UNIVERSITAS PAMULANG

Sukses itu dari hasil belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peranan Teknologi dalam Komunikasi Pendidikan

12 Desember 2021   08:32 Diperbarui: 12 Desember 2021   09:12 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PERANAN TEKNOLOGI DALAM KOMUNIKASI PENDIDIKAN

Perkembanganteknologi merupakan suatu keniscayaan bagi kita di dunia ini. Bagi keluarga untuk berperan aktif dalam membesarkan anak sejak dini dan memperkuat landasan kepribadian yang baik. Padahal, masih banyak persoalan yang perlu dibenahi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Masalah ini dipengaruhi oleh seperangkat faktor eksternal yang berasal dari siswa itu sendiri, serta faktor internal yang berasal dari siswa itu sendiri. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran membuat lingkungan belajar modern interaktif dan menyenangkan. Sebagai aturan umum, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan sadar untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran bagi peserta didik untuk secara aktif mengembangkan bakat jiwa keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, dan kecerdasan, serta menetapkan bahwa itu adalah prakarsa yang direncanakan.Dan moralitas. Oleh karena itu, merupakan tugas bangsa Indonesia untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi yang berkualitas sesuai dengan tujuan negara Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu perlindungan segenap jiwa dan tanah air. Dan seluruh tumpah darah Indonesia yang mencerdaskan kehidupan negara, memajukan kesejahteraan umum, dan ikut serta dalam mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.UUD 1945 mengatur tentang pentingnya pendidikan bagi semua warga negara, sebagaimana diatur dalam paragraf 28b tentang hak atas pendidikan.

Mengingat kewajiban yang termuat dalam Pembukaan UUD 1945 dan berbagai pasal dalam rangkaian UUD 1945 di atas, maka lembaga pendidikan mengemban misi pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dan efektif serta menghasilkan pendidikan yang bermutu, sehingga berperan penting dalam mendukung pemerintah. Talenta Indonesia yang berkualitas dan produktif. Kreatif dan sangat kompetitif dengan negara lain. Namun kenyataannya, dunia pendidikan kita masih menghadapi masalah rendahnya kualitas pendidikan berkelanjutan.

Modernisasi adalah proses yang tidak dapat diubah dan terus menantang dunia pendidikan. Seiring berjalan modernisasi berdampak negatif terhadap pendidikan, namun pendidikan tidak berdampak negatif terhadap sumber daya manusia. Efek buruk ini masih bisa diatasi dan diminimalisir. modernisasi dapat memiliki banyak efek positif pada pendidikan,yangmembantu mengembangkan keterampilan bakat lebih cepat. Teknologi komunikasi pendidikan dapat memenuhi tuntutan pasar yang semakin ketat akan tenaga kerja yang berkualitas. Dengan meningkatnya pendidikan, tenaga kerja Indonesia diharapkan mampu bersaing di pasar global. modernisasi pendidikan akan mempengaruhi dunia pendidikan khususnya perkembangan teknologi.

Pengertian Komunikasi

Kata komunikasi berasal dari kata Latin comunicare dan berarti hal yang sama. Hal yang sama di sini berarti sama dalam hal pemahaman dan pendapat di antara komunikator. Saat berkomunikasi dengan orang lain, Anda harus terlebih dahulu menetapkan tujuan untuk pemahaman yang sama. Komunikasi akan berjalan lancar setelah pemahaman dan pendapat diperoleh.

Pengertian teknologi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis dan termasuk ilmu terapan. Keberadaan dan kemajuan ICT (Information and Communication Technology) atau ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) saat ini menciptakan peluang komunikasi global dan meningkatkan interaksi antara guru/dosen/ahli dan mahasiswa, antar mahasiswa atau antar mahasiswa. Interaksi antara siswa dan sumber belajar dapat terjadi kapan saja, di mana saja, tanpa batasan spasial atau temporal. Selain itu, TIK dapat membuat proses penyediaan dan penyajian materi dan ide pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sementara itu, kehadiran TIK sebagai teknologi baru menghadirkan tantangan bagi guru dalam mempelajari TIK,

memungkinkan pemilihan dan penggunaan yang efektif dan efisien dalam proses teknologi komunikasi pendidikan.

Secara khusus menawarkan berbagai kemungkinan untuk desain teknis sistem pembelajaran dan proses pembelajaran. Mereka harus dikelola dengan cara yang terkendali, fleksibel, mudah beradaptasi, dan  cerdas. Prasyarat untuk sistem ini adalah teori umum pembelajaran dan model akuisisi pengetahuan khusus domain, yang memungkinkanhal-hal berikut.

1.Analisis tujuan pembelajaran terhadap kinerja mahir (spesifikasi tugas pembelajaran).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun