Mohon tunggu...
Apir Imami
Apir Imami Mohon Tunggu... Pujangga yang mampir sejenak di dunia

Sirami jiwa dengan zikir pada Ilahi# Ibu dari seorang buah hati penyejuk jiwa# Long life education # Life is story # Fighter

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Mengenang Keseruan di Bulan Ramadan

14 April 2021   06:07 Diperbarui: 14 April 2021   06:19 164 4 0 Mohon Tunggu...

Oleh: Apir Imami

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti kehadirannya. Berbagai kebiasaan yang telah dilakukan masyarakat Indonesia untuk menyambut bulan ini. Diantaranya melaksanakan shalat Sunnah Tarawih dan tadarus di masjid terdekat.

Budaya di tempat saya (Kerinci-Jambi) di tahun sebelumnya adalah:

1. Mengadakan Tadarus Sebulan Penuh

Tadarus yang telah berjalan sejak dahulu terus dilakukan hingga sekarang. Mulai hari pertama sampai hari terakhir bulan puasa pengajian terus dijalani dari rumah ke rumah. Bergiliran. Biasanya dimulai setelah shalat Tarawih sampai selesai. Banyak sekali anggota yang ikut. Sekitar 50 orang lebih dalam satu desa. 

Dalam suasana ini tentu banyak sekali pelajaran yang diperoleh oleh masing-masing peserta pengajian. Seperti pengalaman masa kecil yang tidak terlupakan. Terutama saya, waktu pertama kali (masih SD) ikut pengajian ini selalu memilih tempat duduk di dekat guru. Agar cepat pandai membaca Al-Qur'an. Malu juga sama teman-teman kalau diajarkan dari jarak jauh.

2. Membangunkan Sahur Setelah Selesai Tadarus

Karena Tadarus diadakan pada malam hari, jadi pulang dari situ kami sepakat untuk membangunkan warga sekitar untuk sahur. Ada yang memainkan rebana, yang bersuara untuk bilang "sahur" dan sebagainya. Keliling desa bersama teman-teman seru sekali.

3. Acara Musabaqah Tilawatil Quran

Pada acara ini banyak sekali yang dilombakan. Ada Kultum, cerdas cermat, rebana, busana muslim, shalat, dan sebagainya. Intinya di setiap kegiatan yang diadakan kami belajar untuk bertanggung jawab atas apa yang telah dibuat dan berani untuk tampil ke hadapan umum.

4. Buka Bersama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x