Mohon tunggu...
Maria Margaretha
Maria Margaretha Mohon Tunggu... Guru - Guru SD. Blogger.

Teaching 1...2...3. Knowledge is a power. Long Life Learner

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menulis Blog untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

10 Maret 2024   20:58 Diperbarui: 10 Maret 2024   21:00 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Awal Menulis Blog

Aku mulai nulis sekitar 2010, di blogspot. Awalnya karena senang-senang saja. 

Kemudian mulai menulis di Kompasiana sejak 2013. Agak berbeda dengan nulis di blogspot yang bersenang senang, di Kompasiana ini aku nulis lebih ke terapi emosi. Aku melepaskan emosi negatif yang kurasakan karena lingkungan yang mengecewakan. Misalnya lihat sopir Transjakarta yang menyetir sambil bertelepon, atau lihat hal-hal yang ngga sesuai dengan apa yang diajarkan di sekolah.

Masih menulis saat ini, mengapa? 

Di era di mana kecerdasan buatan (AI) semakin canggih, mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa masih perlu ngeblog? sebenarnya ya  sederhana: karena blog masih memiliki nilai dan relevansi yang besar dalam dunia digital saat ini. Meskipun AI dapat menghasilkan konten secara otomatis, blog yang ditulis oleh manusia tetap memiliki keunggulan yang tak tergantikan.
1. Koneksi Emosional:
Tulisan manusia memiliki kemampuan untuk menciptakan koneksi emosional dengan pembaca. Blog yang diisi dengan pengalaman pribadi, opini, dan cerita hidup dapat lebih menginspirasi dan menggerakkan pembaca.
2. Kualitas dan Kreativitas:
Meskipun AI dapat menghasilkan konten dalam jumlah besar, kualitas dan kreativitas tulisan manusia tetap sulit untuk ditandingi. Manusia dapat menghadirkan sudut pandang yang unik, ide-ide segar, dan bahasa yang menarik.
3. Otoritas dan Kepercayaan:
Pembaca cenderung lebih percaya pada konten yang ditulis oleh manusia. Blog yang diisi dengan pengetahuan dan pengalaman pribadi dapat meningkatkan otoritas dan kepercayaan merek atau individu di mata pembaca.

Rencana aku untuk  menulis artikel blog yang bermanfaat memerlukan beberapa upaya:
1. Memilih Topik yang Relevan:
Pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pembaca Anda. Lakukan riset tentang apa yang sedang tren dan cari tahu apakah topik tersebut akan memberikan nilai tambah bagi pembaca.
2. Melakukan Riset yang Mendalam:
Lakukan riset yang mendalam tentang topik yang akan Anda tulis. Gunakan sumber yang terpercaya dan pastikan informasi yang Anda sampaikan akurat dan terbaru.
3. Tulis dengan Gaya yang Menarik:
Gunakan bahasa yang jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan jargon yang membingungkan atau bahasa yang terlalu formal.
4. Tambahkan Nilai Tambah:
Sampaikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi pembaca Anda. Berikan solusi atas masalah yang mungkin dihadapi pembaca atau bagikan tips dan trik yang dapat membantu mereka.
5. Berinteraksi dengan Pembaca:
Setelah mempublikasikan artikel, jangan lupa untuk berinteraksi dengan pembaca. Tanggapi komentar, pertanyaan, atau masukan yang diberikan oleh pembaca dengan sopan dan ramah.


Setelah bertahun-tahun menulis blog, tentu aku juga pengenlah menjadi seorang blogger multitalenta. Pengen menjadi blogger yang memiliki kemampuan luas dalam menulis konten dari berbagai bidang dengan kreativitas tinggi, pengetahuan mendalam, dan keterampilan komunikasi yang baik. Hal ini nantinya kuharapkan mampu menghasilkan ide-ide segar, memadukan topik yang beragam, dan menyampaikan informasi secara jelas kepada pembaca. Meningkatkan fleksibilitas dalam menyesuaikan gaya penulisan dengan audiens yang berbeda memungkinkanku untuk terus berkembang. Dengan kemampuan menulis yang luas, seorang blogger multitalenta dapat menciptakan konten bermanfaat dan menarik bagi pembaca dalam berbagai topik. 

Ideku, jelas menggabungkan diri dengan komunitas blogger yang punya kredibilitas. Komunitas Bloggercrony adalah komunitas blogger satu-satunya yang aku ikuti. Dengan Founder Kak Wardah Fajri dan Kak Anesa Nisa yang dulunya juga berkarya di kompasiana, komunitas ini membantu aku mengembangkan diri. 

Saat ini aku memang menulis blog sebagai hobby saja, namun diterima di komunitas Bloggercrony membuat aku bisa mengembangkan kualitas diri dong. 

Aku bukan hanya penulis blog, tetapi juga menikmati kegiatan jalan-jalan. Sudah lama kalau lihat teman-teman jalan-jalan dengan mobil pribadi, aku seringkali punya impian untuk jalan-jalan dengan mobil pribadi keliling Indonesia. Beli mobil baru jelas bukan pilihan. Kebetulan sekali, pas BloggerDay 2024 kemarin, kegiatannya dilangsungkan di showroom mobil carro.id. Jadi tahulah tempat yang rekomended untuk mencari mobil dengan tagline Temukan mobil #CarroCertified bagus layaknya baru sekarang di carro.id.

Semua mobil di Carro 100% bebas manipulasi jarak tempuh. Angka yang kamu lihat, itu yang kamu dapat. Semua sudah dicek dan lulus inspeksi ketat 160 titik. Dijamin, Carro Certified! Buruan! Sebelum kehabisan. Beli mobil berkualitas layaknya baru hanya di
Carro!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun