Mohon tunggu...
Lala_mynotetrip
Lala_mynotetrip Mohon Tunggu... Lainnya - Terus berupaya menjadi diri sendiri

Blogger pemula|menyukai petualangan sederhana|penulis amatir|S.kom |pecandu buku|Sosial Media creative|Ide itu mahal|yuk menulis|doakan mau terbitin novel

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Menjadi Pendengar yang Lebih Baik

16 Juni 2024   16:46 Diperbarui: 16 Juni 2024   16:49 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi & editing by canva 

Mayoritas orang pada masa kini, mengalami kesulitan mencari dan menemukan seorang pendengar yang baik. Jika kamu memiliki circle ada sosok pendengar yang baik, coba sesekali dengarkan cerita nya sebagaimana cerita kamu dan teman-teman ia dengarkan dengan saksama dan fokus tanpa menyela apalagi membandingkan. 

Supaya bisa menjadi sosok pendengar yang baik. Coba membangun pola berpikir untuk mau mendengarkan. Niatkan bahwa diri bersedia mendengarkan dengan penuh kerendahan hati, menghadirkan empati juga rasa ingin tahu, tepat pada posisi yang sesuai. 

Awalnya pasti terasa tidak mudah. Kebanyakan dari kita pas mendengar cerita yang rasanya tidak sesuai pasti akan terbawa suasana dan langsung menyela obrolan. Padahal, seseorang yang bercerita umumnya ingin di dengarkan dengan sungguh-sungguh. Bukan malah menerima potongan obrolan dengan nada membandingkan. 

Tahan, rasa ingin memotong pembicaraan dan beri reaksi yang sesuai dengan pembahasan. Tunjukkan kesungguhan mendengarkan dengan saksama, simpan gadget di tempat yang tidak mudah kamu lihat. Supaya tidak terdistraksi. 

Kemudian, pastikan kita fokus membuka telinga dan hati. Supaya mampu memahami dan menempatkan diri sebagai pembicara yang ingin di dengarkan dan mendapat respon yang tidak berlebihan.

Meski seni mendengarkan sangatlah tidak mudah di kuasai oleh setiap orang. Fakta di lapangan, kebanyakan kursus atau kelas melatih orang untuk fasih dan mampu berbicara di depan umum secara profesional. Yup public speaking. Gimana yak? Realitanya kita dibentuk untuk pandai berbicara dan kurang diimbangi dengan pandai mendengarkan. 

Nah, menurut Vengoechea supaya memiliki pola pikir mendengarkan. Pastikan harus bisa fokus terhadap lawan bicara, rasa ingin tahu tentang apa yang akan orang lain bicarakan. Serta menghadirkan empati sehingga bisa memahami dan memposisikan diri pada posisi si pembicara. 

Cara agar bisa menjadi pendengar yang baik :

1. Dengarkan Cerita dengan Sepenuh Hati

Terasa klasik dan mudah, namun pada praktek nya membutuhkan kemampuan dan kecerdasan mendengarkan dengan saksama dan mengalahkan ego dalam diri yang meronta ingin ikut berbicara panjang lebar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun