Mohon tunggu...
Adam Yanikusuma
Adam Yanikusuma Mohon Tunggu... -

seorang pekerja di manufaktur

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jangan Pinjam Uang!

13 Maret 2012   07:57 Diperbarui: 25 Juni 2015   08:08 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13316253321019477690

[caption id="attachment_165978" align="aligncenter" width="600" caption="Duit hasil minjem temen"][/caption] Adalah sebuah kisah pribadi yang baru saja terjadi pada saya. Beberapa hari yang lalu, saya kontak dengan teman baik saya (sama-sama di perantauan), dan saya sampaikan bahwa saya mau pinjam uang sekitar ¥50.000, karena uang saya ngepres banget untuk berbagai macam kegiatan. Saya salah hitung dengan kebutuhan saya, sehingga uang yang ada di rekening bank saya mepet banget. Akhirnya saya putuskan untuk pinjam ke teman saya tadi. Nha kebetulan bank saya dan bank teman saya berbeda, jadi ada sedikit kesulitan saat transfer. Karena itu, teman saya meminta rekan Jepangnya untuk men-transferkan uang ke saya. Dan kebetulan juga, selama saya ada disini, keberadaan dan keselamatan saya ada penanggung jawab tersendiri. Nhaa, karena teman saya tadi minta tolong ke rekan kerjanya (orang Jepang), si orang Jepang tadi menyampaikan ke penanggung jawab saya bahwa saat ini saya sedang kesulitan uang. Dan hal yang unik, menyenangkan, sekaligus lucu, sekaligus memalukan berawal dari situ. Dari si orang Jepang tadi akhirnya, seluruh penanggung jawab saya, mulai dari staff sampai managernya, semua mengontak ke saya dan memastikan bahwa kondisi saya baik-baik. Sampai-sampai akhirnya, keuangan saya ditransfer melebihi dari apa yang saya butuhkan!  Itu yang menyenangkan, yang memalukan adalah, ternyata pinjam duit di Jepang adalah perbuatan tabu lho! Jadi jika ada orang yang sampai meminjam uang, berarti kondisi orang tersebut amat sangat memprihatinkan dan segera perlu ditolong! Karena, untuk orang Jepang, pride adalah segalanya. Jadi saat dia meminjam uang, berarti dia sudah membuang harga dirinya dan merendahkan dirinya serendah-rendahnya di depan orang lain dengan meminta bantuan. Huaduuuuhhhhh ..... ampun dah! Jadi buat teman-teman sekalian, jika anda kesulitan uang, jangan sekali-kali pinjam duit ke orang Jepang. Mereka pasti bantu sih, tapi malunya itu lho! Jadi jangan mengulangi kesalahan yang sama seperti saya ya! Good luck!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun