Mohon tunggu...
AOC SatriaRancage
AOC SatriaRancage Mohon Tunggu... Kelompok Pengabdian dan Pemberdayaan Kepada Masyarakat

Kelompok Agent of Change Satria Rancage merupakan kelompok 8 dari Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UPI dan Merdeka Belajar Kampus Merdea Program Studi Pendidikan Sosiologi UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rangkaian Kegiatan Workshop Pendampingan Sendang Geulis Kahuripan

5 Juni 2023   17:35 Diperbarui: 5 Juni 2023   17:42 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan workshop pendampingan merupakan bentuk pengabdian dari kelompok Agent of Change "Satria Rancage" untuk membantu wisata Sendang Geulis Kahuripan dalam mengembangkan produk wisata berlandaskan pada ekonomi kreatif serta optimalisasi media sosial sebagai upaya promosi wisata. Kegiatan ini dilaksanakan secara secara kolaboratif dengan melibatkan berbagai pihak mulai dari mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, dan para pemateri yakni Bapak Arief Johari, M.Ds. dan Bapak Muhammad Ridha Agustiandhy, S.Pd., M.Ds. dari Desain Komunikasi Visual (DKV) UPI serta Bapak Vidi Sukmayadi, Ph.D. dan Teh Sarah Annisa Fadhila dari Litera Rasa Institute. Perangkat desa seperti kepala desa dan patriot desa juga turut terlibat dalam serangkaian kegiatan workshop pendampingan ini.

Kegiatan ini dilakukan langsung pada saat pertemuan pertama yaitu pada pembukaan tanggal 27 Maret 2023 dengan tema "Konsep Exploring Produk Wisata" pada bidang ekonomi kreatif yang disampaikan materinya oleh DKV UPI. Pematerian juga disampaikan oleh pihak Litera Rasa Institute dalam bidang optimalisasi media sosial dengan tema "Peningkatan Kesadaran Media Sosial dalam Promosi Pariwisata". Dalam serangkaian program workshop pendampingan ini, perangkat wisata serta karang taruna wisata dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok ekonomi kreatif dan media sosial.

Pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 05 April 2023 dengan melakukan workshop pendampingan yang bertemakan "Konsep Packaging dan Praktik Pengemasan" pada bidang ekomomi kreatif serta "Social Media Marketing" pada bidang media sosial. Pada pertemuan kedua ini, pematerian ekonomi kreatif berfokus pada branding dengan memperhatikan beberapa hal termasuk logo wisata yang akan digunakan pada desain label pada kemasaan. Selain itu, optimalisasi media sosial dilakukan sebagai bentuk social media marketing guna membantu mempromosikan tempat wisata dengan dibuatkannya konten yang baik dan menarik.

Selanjutnya pertemuan ketiga dilaksanakan pada tanggal 12 April 2023. Workshop pendampungan kali ini memiliki tema "Pendalaman Persepsi mengenai Urgensi Visual Branding" pada bidang ekonomi kreatif yang berisikan pematerian mengenai desain logo untuk wisata Sendang Geulis Kahuripan, pembuatan font, menentukan warna dasar, dan juga pengembangan tagline yang mencirikan tempat wisata. Sedangkan tema pada bidang media sosial adalah "Kiat-kiat dalam membuat konten yang baik dan benar" yang berisikan pematerian mengenai penyusunan jadwal untuk konten media sosial mulai dari tempat pembuatan konten, waktu yang diperkirakan dan jadwal unggahan konten supaya banyak ditonton saat diunggah di media sosial.

Kemudian pertemuan keempat dilaksanakan pada tanggal 03 Mei 2023. Pematerian dilakukan dengan tema "Progress Visual Wisata Sendang Geulis Kahuripan" pada bidang ekonomi kreatif dengan melakukan fiksasi logo Wisata Sendang Geulis Kahuripan yang akan digunakan pada kemasan produk wisata. Logo tersebut didesain oleh Tim Dosen DKV UPI dengan melibatkan ide, argumen, dan evaluasi pihak Wisata Sendang Geulis Kahuripan. Adapun pada bidang media sosial, tema yang diangkat adalah "Creating Content" yakni pembuatan konten yang dilakukan oleh Litera Rasa Institute dan kelompok media sosial yang akan diunggah pada Instagram @sendanggeulis pada tanggal 17 Mei 2023

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Pertemuan kelima dilakukan pada tanggal 10 Mei 2023. Pada pertemuan kelima ini workshop pendampungan yang dilakukan bertemakan "Finalisasi Keseluruhan Desain serta Pengemasan Produk Sendang Geulis Kahuripan" pada bidang ekonomi kreatif dan "Creating Sustainability Content" pada bidang media sosial. Pada pertemuan ini, kelompok ekonomi kreatif membahas hasil pembuatan logo desain yang dan implementasinya pada pengemasan produk teh. Selain itu, pada pertemuan kelima ini kelompok media sosial membahas jadwal unggahan konten secara konsisten serta konsep copywrting, sehingga promosi di media sosial dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun